alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Upacara HUT RI, Gubernur-Pangdam-Kapolda Menari Bersama Warga Papua

Agus Warsudi
Upacara HUT RI, Gubernur-Pangdam-Kapolda Menari Bersama Warga Papua
Gubernur, Pangdam, dan Kapolda menari bersama warga Papua seusai upacara HUT Kemerdekaan RI di Lapangan Gasibu, Kota Bandung. Foto/Istimewa/Pendam Siliwangi

BANDUNG - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI) tingkat Provnsi Jabar digelar di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (17 Agustus 2019).

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil bertindak selaku inspektur upacara. Sedangkan komandan upacara adalah Danyonif 310/KK Letkol Inf Ageung Wahyu Romadhon.

Dibanding tahun lalu, upacara yang dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, dan sejumlah pejabat lainnya itu, tahun ini ada yang berbeda.



Upacara tahun ini dimeriahkan oleh kehadiran 100 warga Papua yang sengaja datang ke Bandung untuk mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI.

Mereka hadir mengikuti upacara sebagian dengan mengenakan pakaian adat Papua dan membawa alat musik tifa. Sebagian lagi mengenakan kaus merah putih. Ke-100 warga Papua tersebut mengikuti proses upacara pengibaran bendera merah putih hingga akhir.

Seusai upacara yang berlangsung khidmat itu, acara dimeriahkan oleh penampilan warga papua itu menghibur para pejabat danĀ undangan yang hadir.

Warga Papua tersebut menabuh tifa sambil bernyanyi dan menari Sajojo. Bahkan, Gubernur Jabar, Pangdam, dan Kapolda ikut menari bersama mereka. Bahkan Atalia Praratya Kamil, istri Gubernur Jabar dan Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari pun ikut menari.

Upacara HUT RI, Gubernur-Pangdam-Kapolda Menari Bersama Warga Papua

Ke 100 orang tersebut adalah warga asli Papua, jauh-jauh datang dengan penuh kesukarelaan untuk membuktikan kesetiaannya datang ke Kota Bandung untuk mengikuti upacara. Mereka menyatakan bahwa mereka adalah Bangsa Indonesia yang cinta akan tumpah darah dan Tanah, Air yaitu Indonesia.

Salah seorang perwakilan warga Papua menyampaikan kegembiraannya bisa hadir untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 RI di Kota Bandung.

Tari dan lagu Sajojo menggambarkan keceriaan sebagai bentuk persatuan dan kebersamaan di bawah naungan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara HUT RI, Gubernur-Pangdam-Kapolda Menari Bersama Warga Papua



(awd)

loading...