Digembleng 4 Bulan, Paskibraka Cimahi Siap Tunaikan Tugas Sakral

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 23:32 WIB
Digembleng 4 Bulan, Paskibraka Cimahi Siap Tunaikan Tugas Sakral
Paskibraka Kota Cimahi digembleng langsung oleh pelatih dari Personel TNI AD Batalyon Artileri Medan 4/105 GS dan Polres Cimahi sebelum bertugas pada HUT RI, Sabtu 17 Agustus 2019. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Personel TNI AD Batalyon Artileri Medan 4/105 GS dan Polres Cimahi menggembleng langsung anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Cimahi. Tercatat ada 37 anggota Paskibraka yang berhasil lolos seleksi dan akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada peringatan HUT ke-74 RI tingkat Kota Cimahi.

Kabid Pemuda dan Olahraga pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Dessy Setiawati mengatakan, setelah masa penggemblengan, para Paskibraka Kota Cimahi itu siap untuk menjalankan tugasnya. Mereka adalah siswa-siswi yang dipilih setelah melalui tahapan seleksi dan pemusatan latihan di Pusdikarhanud Kota Cimahi selama empat bulan.

"Mereka ini dididik dan dilatih selama empat bulan. Tidak main-main, selama dilatih mereka ditempa tanpa kenal lelah oleh didikan disiplin dari personel TNI AD Batalyon Artileri Medan 4/105 GS dan dari Polres Cimahi," ucapnya, Jumat (16/8/2019).

Dessy menyebutkan, mereka yang mendidik langsung para anggota Paskibraka adalah Danpas, Letda Arm Hafid Bahtiar dan pelatih Letda Arm Samsul Huda, Serka Untoro Budi Tri jatmiko, dan Iptu M Gofur Supangkat dari Polres Cimahi. Awalnya, calon Paskibraka ini ada 300 yang mendaftar yang berasal dari siswa-siswi SMA dan SMK yang ada di Kota Cimahi.

Setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang dan melelahkan, akhirnya dipilih dan dikukuhkan 37 orang untuk ditetapkan menjadi Paskibraka Kota Cimahi untuk bertugas pada tanggal 17 Agustus 2019. Setelah latihan lebih dari empat bulan dan pemusatan latihan sejak 11 Juli 2019, mereka sudah siap menjalankan tugasnya pada peringatan HUT RI tingkat Kota Cimahi yang akan digelar di Lapangan Rajawali, Cimahi.

Capaian yang juga cukup membanggakan bagi Kota Cimahi, lanjut Dessy, dari 37 Paskibraka itu ada satu orang anggota Paskibraka putri yang lolos seleksi menjadi Paskibraka di tingkat Provinsi Jawa Barat. Seleksi ke provinsi itu sebenarnya diikuti oleh tiga perwakilan, namun hanya satu siswi yang berhasil lolos, yakni atas nama Feren Monica Stevanie asal SMAN 4 Cimahi. Ini menjadi catatan manis karena ada keterwakilan Paskibraka dari Cimahi yang berhasil masuk ke tingkat provinsi.

"Insya Allah mereka sudah siap bertugas dan semoga diberi kelancaran. Atas pengabdiannya itu Pemerintah Kota Cimahi akan memberikan penghargaan yang akan diberikan langsung oleh Pak Wali Kota," ucapnya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4160 seconds (0.1#10.140)