Jelang Purnabakti, PNS Pemda KBB Dibekali Pelatihan Masa Pensiun

Kamis, 15 Agustus 2019 - 23:40 WIB
Jelang Purnabakti, PNS Pemda KBB Dibekali Pelatihan Masa Pensiun
Sekda KBB, Asep Sodikin memberikan pemaparan dalam acara Pelatihan Masa Persiapan Pensiun PNS di Lingkungan Pemda KBB, Kamis (15/8/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Sebanyak 500 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) memasuki masa pensiun tahun ini. Mereka terdiri dari berbagai tingkat jabatan dan profesi, mulai dari pejabat eselon 2, 3, sampai fungsional seperti tenaga pendidik (guru).

"Rata-rata pensiun PNS di KBB dalam setahun sekitar 300-an, tapi tahun ini mencapai sekitar 500-an karena banyak guru yang pensiun, yakni guru inpres yang kala itu diangkat barbarengan, sehingga pensiunnya juga sama," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB, Asep Ilyas di sela acara Pelatihan Masa Persiapan Pensiun di Lingkungan Pemda KBB Tahun Anggaran 2019, Kamis (15/8/2019).

Dia menyebutkan, berdasarkan data BKPSDM, ada empat pejabat eselon 2 yang tahun ini memasuki masa pensiun, yaitu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Euis Suryati; Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Wahyu Diguna; Asisten Pemerintahan, Aseng Djunaedi; dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ida Nurhamida.

Dia menilai penting acara pelatihan masa persiapan pensiun yang diikuti 120 PNS yang akan pensiun tahun ini. Pasalnya, PNS yang akan pensiun biasanya mengalami gejala ketidaknyamanan. Hal itu seringkali menyebabkan problem serius, baik fisik maupun psikis.

Sehingga, melalui pelatihan ini, mereka diharapkan mempersiapkan diri dalam menghadapi masa pensiun, sehingga mereka dapat menjalani masa purnatugas dengan penuh percaya diri. Peserta juga dapat memahami gambaran tentang rencana keuangan dan kewirausahaan yang dapat ditempuh setelah pensiun. Sehingga, mereka tetap produktif dan sejahtera sesuai dengan visi misi AKUR dan jargon 'KBB Lumpaaat, Sagala Aya, Sagala Boga'.

"Banyak dari para calon purnabhakti yang diliputi kecemasan ketika masa pensiun tiba. Pelatihan ini disiapkan agar mereka tetap percaya diri dan terus produktif meskipun di masa tua," imbuhnya.

Sekretaris Daerah KBB, Asep Sodikin menyebutkan, permasalahan yang sering muncul saat memasuki masa pensiun di antaranya turunnya mental, ketakukan kehilang penghasilan, menurunnya penghormatan, kesehatan yang menurun dan rentan stres. Oleh karenanya, para peserta hendaknya memanfaatkan dan memahami apa yang disampaikan dalam pembekalan. Sebab, salah satu dari tujuan pembekalan adalah menambah wawasan dan kesiapan moril maupun materil.

"Saya berharap melalui kegiatan pembekalan ini, para peserta dapat termotivasi, sehingga dapat menggali kreativitas yang terpendam pada saat masih menjadi PNS," katanya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0606 seconds (0.1#10.140)