MNC Peduli-RS TMC Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis di Tasikmalaya

Kamis, 15 Agustus 2019 - 21:38 WIB
MNC Peduli-RS TMC Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis di Tasikmalaya
MNC Peduli dan RS TMC Tasikmalaya menggelar kegiatan operasi bibir sumbing gratis. Foto/MNC Media
A A A
TASIKMALAYA - MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih bekerja sama dengan Rumah Sakit TMC Tasikmalaya menggelar bakti sosial operasi sumbing bibir gratis bagi warga kurang mampu.

Operasi bibir sumbing gratis bertajuk Senyum Indonesia itu diperuntukkan bagi warga prasejahtera penderita sumbing bibir di wilayah Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Kegiatan itu disambut antusias oleh warga kurang mampu. Sebanyak 21 balita penderita sumbing bibir mendapatkan layanan operasi gratis pada Sabtu 10 Agustus 2019.

Wakil Direktur Pelayanan RS TMC Tasikmalaya dr Ihsan Ramdani mengatakan, sebelum operasi, seluruh pasien mendapatkan pemeriksaan medis pada 7 Agustus 2019.

Pendaftaran calon pasien operasi bibir sumbing gratis bertajuk Senyum Indonesia ini, kata Ihsan, tetap berlanjut pada tahun-tahun berikutnya dengan jadwal operasi bertahap.

"Proses operasi bibir sumbing ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik dan anastesi yang didatangkan MNC Peduli Yaysan Jalinan Kasih dan RS TMC Tasikmalaya. Operasi bibir sumbing ini diikuti 21 anak. Pendaftar sebenarnya ada 50 anak dari keluarga kurang mampu di wilayah Tasikmalaya, Garut, Ciamis, Banjar dan Pangandaran," kata Ihsan.

Ketua III MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengemukakan, kegiatan ini bentuk konsistensi MNC Peduli dalam melayani masyarakat. Bagi penderita sumbing bibir yang ingin mendaftarkan diri dalam program Senyum Indonesia, MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih, dapat langsung menghubungi pihak rumah sakit untuk informasi dan pendaftaran.

"Selain di Tasikmalaya, MNC Peduli pada Juli lalu melaksanakan kegiatan serupa di Provinsi Lampung dan Gombong, Jawa Tengah," kata Jessica.

Pada 2019 ini, ujar Jessica, selain program operasi sumbing bibir, MNC Peduli juga memberikan bantuan alat kesehatan, seperti kursi roda, kaki palsu, pelaksanaan bakti sosial pengobatan umum, operasi katarak, hernia, dan penyakit khusus lainnya di beberapa kota di Indonesia.

"Hingga awal Agustus 2019, jumlah penerima bantuan kesehatan dari MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih sekitar 700.000 pasien," ujar dia.

Jessica menuturkan, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan sosial kesehatan lainnya melalui MNC Peduli dapat menyalurkan dana ke rekening bank atas nama Yayasan Jalinan Kasih melalui MNC BANK 100-01-00000-9851-5, Mandiri 103-00099-0000-8, BRI 0206-01-005001-30-8, BCA 681-5088-119.

“Harapannya dengan adanya kegiatan seperti ini, kami bisa membantu masyarakat. Apalagi dengan operasi bibir sumbing agar mereka juga bisa lebih percaya diri,” tutur Jessica.

Salah seorang warga mengucapkan terima kasih kepada MNC Peduli yang telah membantu operasi putranya. “Terima kasih MNC Peduli Jalinan Kasih dan RS TMC. Melalui kegiatan ini, anak saya bisa dioperasi gratis,” kata Taufikurrahman.

Warga Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya yang sehari-hari berdagang itu sangat senang karena anaknya bisa dioperasi tanpa mengeluarkan biaya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8029 seconds (0.1#10.140)