Belasan Rumah di Pinggir Sungai Cimanuk Terancam Ambles

Kamis, 15 Agustus 2019 - 10:58 WIB
Belasan Rumah di Pinggir Sungai Cimanuk Terancam Ambles
Warga mengecek fondasi rumah yang ambles di pinggir Sungai Cimanuk, Desa Kertasemaya, Indramayu, Jawa Barat. Foto/MNC Media/Toiskandar
A A A
INDRAMAYU - Belasan rumah warga di Desa Kertasemaya, Indramayu, Jawa Barat terancam ambles akibat tanah sepanjang 150 meter di sempadan Sungai Cimanuk longsor.

Sebelumnya, longsor tanah di bibir Sungai Cimanuk sudah mengakibatkan enam rumah warga rusak parah dan ambles. Warga yang terdampak terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Belasan rumah warga lainnya mengalami retak-retak pada bagian tembok dan lantai. Bahkan retakan juga terjadi di jalan bantaran sungai. Beberapa rumah warga yang bersebelahan Sungai Cimanuk ini terancam ambles karena terjadi retakan tanah yang longsor sedalam 2 meter.

Kondisi paling parah jika turun hujan serta aliran Sungai Cimanuk meluap sehingga pergerakan tanah semakin labil dan rentan longsor.

"Kondisi ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Agar longsor tidak semakin meluas, warga hanya bisa mengandalkan penahan dari patok-patok batang bambu," kata Nuryaman, warga Desa Kertasemaya, Kamis (15/8/2019).

Pemerintah desa sudah berupaya mengajukan bantuan ke pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung. "Namun sampai sekarang belum juga ada jawaban terkait perbaikan tersebut," kata Kepala Desa Kertasemaya Novalita.

Pihak desa khawatir jika tanah ambles yang berada di bibir Sungai Cimanuk ini tidak segera diperbaiki akan mengancam rumah warga longsor serta menimbulkan korban. Warga berharap pemerintah setempat segera membangun turap agar tanah tidak semakin tergerus aliran air Sungai Cimanuk.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9255 seconds (0.1#10.140)