Jalan di Sekitar Kebun Raya Bogor Macet, Ini Solusinya

Selasa, 13 Agustus 2019 - 11:42 WIB
Jalan di Sekitar Kebun Raya Bogor Macet, Ini Solusinya
Istana Bogor. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jalan di Sekitar Kebun Raya Bogor Macet, Ini Solusinya

Kebun Raya Bogor (KRB) yang belum memiliki kantung parkir berimbas pada kemacetan di pusat Kota Bogor (sekeliling Istana dan Kebun Raya). Khususnya saat akhir pekan dan libur panjang, kemacetan mengular dari Jalan Raya Pajajaran hingga Jalan Otista.

Kondisi ini dikeluhkan banyak pengguna jalan, termasuk Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Keluhan ini disampaikan langsung Bima kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai menunaikan Salat Idul Adha, Minggu (11/8/2019). Selain itu, kemacetan juga disebabkan meningkatnya volume kendaraan dan penyempitan jalan di jembatan Jalan Otista.

"Saya bilang PR-nya adalah titik parkir. Jadi, beliau meminta saya dan kepala LIPI untuk berkoordinasi memastikan parkirnya. Nanti tidak ada lagi mobil yang masuk dan tidak ada lagi mobil parkir di pinggir jalan seputaran Kebun Raya dan Istana," ujar Bima, kemarin.

Menurut dia, LIPI akan mulai membangun kantung parkir tahun depan. "Sementara Pemkot Bogor akan bangun gedung parkir dua tahun lagi di kawasan Pasar Bogor. Saya sampaikan ke Pak Jokowi tadi rencana itu," katanya.

Manajer Humas dan Kerja Sama LIPI Kawasan Bogor selaku pengelola PKT Kebun Raya Bogor Ayi Doni Darussalam enggan merespons terkait keluhan warga Kota Bogor yang disampaikan kepada Jokowi melalui wali kota Bogor. Belum lama ini, dia juga sempat menyampaikan minimnya area parkir yang berimbas pada anjloknya tingkat kunjungan KRB saat libur Lebaran, Juni lalu.

"Pada libur Lebaran 2019, jumlah pengunjung harian tertinggi terjadi pada Sabtu (8/6) atau H+3 Lebaran sebanyak 23.902 orang. Sedangkan tahun lalu, jumlah pengunjung harian bisa mencapai 28.700 orang pada H+2 libur Lebaran," ungkap Ayi.

Menurut dia, kelangkaan lahan parkir menjadi salah satu penyebab jumlah pengunjung KRB pada masa libur Lebaran 2019 anjlok dibanding 2018. "Kami perkirakan penurunan jumlah pengunjung itu karena mereka ke sulitan mencari area parkir di luar Kebun Raya Bogor," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1217 seconds (0.1#10.140)