alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pendaki Terancam Gagal Rayakan HUT RI di Gunung Ciremai

Toiskandar
Pendaki Terancam Gagal Rayakan HUT RI di Gunung Ciremai
Kebakaran di hutan Gunung Ciremai, Jawa Barat. Foto/MNC Media/Toiskandar

KUNINGAN - Ribuan pendaki terancam gagal merayakan HUT ke-74 RI di puncak Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Hal tersebut dikarenakan jalur pendakian Gunung Ciremai ditutup dari semua jalur menyusul kebakaran hutan yang semakin meluas dan sulit dipadamkan.

Hingga kini, semua jalur pendakian Gunung Ciremai masih ditutup untuk pendaki karena kebakaran di puncak Gunung Ciremai tepatnya di kawasan Guwa Walet belum bisa dipadamkan. Bahkan, sejumlah pendaki terpaksa dipulangkan mengingat kebakaran di hutan Gunung Ciremai masih terjadi.

Kebakaran yang sudah terjadi selama tujuh hari ini belum dapat dipadamkan. Sebaran titik api semakin meluas hingga menghanguskan lebih dari 500 hektare kawasan hutan.



Dari data Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) setiap tahunnya 2.000 lebih pendaki dari berbagai daerah di Indonesia merayakan hari kemerdekaan di puncak Gunung Ciremai. Namun akibat kebakaran tersebut, pihak pengelola pendakian masih menutup pendaftaraan pendakian untuk perayaan hari kemerdekaan mendatang.

Tak hanya menutup jalur pendakian untuk perayaaan hari kemerdekaan, pihak pengelola juga sudah mengembalikan uang pendaftaran.

Ketua Posko Pendakian Jalur Palutungan Endun Abdulah mengatakan, hingga saat ini tim gabungan dibantu ratusan relawan masih terus melakukan pemadaman kebakaran melalui sejumlah cara. Seperti cara manual dan dengan cara pemadaman melaui udara dengan helikopter water bombing.



(zik)