Atasi Kekeringan di Pangandaran, Pemerintah Salurkan Bantuan Pompa

Senin, 12 Agustus 2019 - 21:38 WIB
Atasi Kekeringan di Pangandaran, Pemerintah Salurkan Bantuan Pompa
Lokasi pembangunan mesin pompa di Desa Jangraga, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran melalui Dinas Pertanian (Distan) Pangandaran menyalurkan bantuan pompa besar di lokasi sawah yang mengalami kekeringan.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Distan Kabupaten Pangandaran Tina Maryana mengatakan, dana bantuan pompa besar tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN). "Penyaluran bantuan langsung ke masyarakat dan dikelola secara swakelola," kata Tina.

Tina mengemukakan, total anggaran yang disalurkan senilai Rp107.600.000, meliputi bangunan sarana pengairan, berikut mesin pompa besar.

"Untuk anggaran tahun ini, lokasinya di Desa Jangraga, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, tepatnya ke Kelompok Tani Mulya Jaya II," ujar Tina.

Mesin pompa besar tersebut mampu mengairi 26 hektare sawah masyarakat yang saat ini mengalami kekeringan. "Saat ini lokasi kekeringan sawah di Desa Jangraga seluas 50 hektare," tutur dia.

Untuk pemanfaatan mesin pompa, ungkap Tina, Distan Pangandaran menganjurkan kepada masyarakat untuk melakukan sistem gilir giring atau pembagian air di lokasi sawah yang masih ada tanamannya.

"Spek mesin pompa yang disalurkan 8 inci. Dengan begitu, diharapkan mampu menanggulangi kekeringan yang sedang terjadi," ungkap Tina.

Biasanya, kata Kadistan, hasil panen padi di lokasi yang saat ini mendapatkan bantuan pompa, dalam kondisi cuaca normal, rata-rata 6,4 ton per hektare permusim. "Saat ini, karena mengalami kekeringan, hasil panen hanya 4,8 ton per hektare," pungkas Kasistan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8685 seconds (0.1#10.140)