Dukung Gerakan Literasi Sekolah, Trakindo Gelar Lokakarya dan Pameran PPGT

Senin, 12 Agustus 2019 - 15:45 WIB
Dukung Gerakan Literasi Sekolah, Trakindo Gelar Lokakarya dan Pameran PPGT
Salah satu karya dari SDN Binaan Trakindo mengenai dukungan terhadap Gerakan Literasi Sekolah yang ditampilkan pada kegiatan Lokakarya dan Pameran Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) di Gedung Perpustakaan Nasional, Medan Merdeka, Jakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Penguasaan literasi sejak dini merupakan modal dasar bagi kesuksesan generasi penerus dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya. Untuk itu, PT Trakindo Utama (Trakindo), kembali menggelar kegiatan Lokakarya dan Pameran Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) yang kali ini bertema 'Membangun Karakter Bangsa dengan Kecakapan Literasi'.

Acara yang dihadiri 40 guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan Trakindo dari berbagai daerah di Indonesia dan praktisi pendidikan ini bertujuan menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah dan sekaligus menjadi agenda pengujung program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo yang telah dimulai sejak 2016.

President Director PT Trakindo Utama Bari Hamami mengatakan, program seperti Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo dan kegiatan Lokakarya dan PPGT diharapkan dapat menjadi kail untuk para tenaga pengajar dalam mengembangkan karakter anak didiknya di sekolah.

"Trakindo percaya penerapan pendidikan berbasis karakter yang dimulai sejak dini akan menjadi fondasi yang kuat bagi generasi penerus di masa depan. Jika karakter yang mereka miliki sejak sekolah dasar sudah baik, maka sampai kapan pun akan terus terjaga. Semoga apa yang kami lakukan dapat menjadi pendorong bagi sekolah untuk bertumbuh lebih baik lagi, memberikan hasil yang positif bagi khalayak luas, berkontribusi membangun bangsa, untuk kemajuan negeri," jelas Bari di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Gelaran Lokakarya dan PPGT merupakan ajang unjuk praktik penerapan peningkatan kapasitas guru dan tenaga kependidikan dari 40 SDN binaan yang telah mengikuti rangkaian program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo 2016-2019. Beragam kegiatan pun dilaksanakan seperti; Lomba & Pameran Karya Literasi, talkshow bertema 'Sharing Praktik Baik Program dan Kemitraan dalam Program Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo', hingga Lokakarya rencana tindak lanjut mandiri pengembangan gerakan literasi sekolah.

Trakindo berharap manfaat yang dihasilkan dari program ini dapat terus berlanjut, memberikan pengaruh positif tak hanya ke 40 SDN binaan Trakindo, namun dapat lebih jauh menular ke sekolah-sekolah lain di penjuru negeri.

Trakindo juga menyerahkan 'Buku Panduan Replikasi Program: Bangun Karakter Bangsa Bersama Trakindo' kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Buku ini merupakan kristalisasi dari praktik baik yang telah dilakukan untuk menjadi rujukan bagi berbagai pihak yang berkecimpung di bidang pendidikan. Melalui buku ini juga diharapkan dapat terus mendukung program pemerintah dalam penerapan penguatan pendidikan karakter anak bangsa secara berkelanjutan.

Kasi PKK Guru Direktorat Jenderal GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Putra Asga menerangkan, kontribusi yang diberikan oleh Trakindo selama ini telah berjalan selaras dengan cita-cita dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar.

"Kami sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh Trakindo ini. Kehadiran program ini mampu memperkuat program pemerintah terkait pendidikan berbasis karakter di Indonesia. Semoga program seperti ini dapat terus dilaksanakan guna memberikan manfaat positif bagi pendidikan di Indonesia," tutur Putra.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8634 seconds (0.1#10.140)