Kebakaran di Gunung Ciremai Meluas

Senin, 12 Agustus 2019 - 10:16 WIB
Kebakaran di Gunung Ciremai Meluas
Pantauan kebakaran di Gunung Ciremai, Jawa Barat, Senin (12/8/2019). Foto/MNC Media/Toiskandar
A A A
KUNINGAN - Hingga hari ini kebakaran hutan di Gunung Ciremai Kuningan, Provinsi Jawa Barat belum bisa dipadamkan. Kobaran api terus meluas sehingga menyebabkan vegetasi tanaman di sekitar puncak Ciremai seperti seperti edelweis dan cantigi banyak yang terbakar.

Dari pantauan udara BPBD Kuningan, Senin (12/8/2019) tampak sejumlah titik kebakaran masih terlihat di sekitar zona puncak Ciremai. Kebakaran terdapat di beberapa titik sekitar zona puncak Gunung Ciremai dari mulai ketinggian 2.500 hingga 2.950 meter dari permukaan laut.

Beberapa titik kebakaran ini terdapat di antara lembah dan jurang mengakibatkan pemadaman secara manual oleh tim gabungan mengalami kesulitan. Kondisi cuaca buruk dengan arah angin yang tidak menentu di ketinggian lokasi kebakaran membuat api cepat menyebar. Banyak tanaman edelweis dan cantigi ikut terbakar.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kuswandono mengungkapkan, hingga kini belum dapat dipastikan seberapa luas tanaman terbakar. Namun, secara keseluruhan kawasan yang terbakar sejak lima hari lalu ini sedikitnya sudah 450 hektare area baik di kawasan wilayah Majalengka dan Kabupaten Kuningan.

Hingga saat ini faktor penyebab kebakaran di Gunung Ciremai belum diketahui pasti. Ratusan petugas gabungan BPBD Kuningan, Balai TNGC, polisi, TNI dan beberapa kelompok relawan peduli hutan masih terus melakukan upaya pemadaman dengan cara manual di beberapa titik kebakaran.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7504 seconds (0.1#10.140)