alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cara Membuat Pindang Iga yang Nikmat

Diana Rafikasari
Cara Membuat Pindang Iga yang Nikmat
Ilustrasi pindang iga. Foto/Istimewa/Selerasa

JAKARTA - Bingung mengolah daging kurban? Tak perlu risau, banyak resep mudah dan nikmat yang dapat dibuat dengan bahan dasar daging sapi, salah satunya pindang iga. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari daging iga.

Dimasak dengan tepat, iga sapi tidak hanya enak untuk sup atau dibakar tapi juga dibuat pindang iga. Tertarik untuk mencicipinya? Berikut resep membuat pindang iga seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:
300 g iga sapi
500 ml air



Bumbu halus:
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah cabai merah keriting
Garam
Minyak

Bumbu tambahan:
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 btg serai
1 btg daun bawang, iris tipis
3 buah cabai merah keriting
3 buah cabai rawit merah
3 buah cabai rawit hijau
1 buah tomat merah
30 ml air asam jawa
1 buah biji bunga kecombrang (asam rias)
3 cm lengkuas
3 cm kunyit
3 cm jahe
Garam
Gula
Lada

Cara membuatnya:
1. Rebus iga sapi dengan 500 ml air sampai empuk, sisihkan. Haluskan bumbu, kemudian tumis bumbu hingga harum. Iris bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, jahe, dan cabai merah keriting, kemudian masukkan ke dalam tumisan. Tumis hingga bumbu harum, kemudian masukkan serai, biji bunga kecombrang, dan air asam jawa. Aduk-aduk hingga harum.

2. Masukkan tumisan ke dalam rebusan iga, masak dengan api sedang, kemudian masukkan cabai rawit merah dan cabai rawit hijau (untuk tingkat kepedasan selera bisa ditambahkan cabai rawit). Masukkan garam, lada, dan gula, masak selama 10-15 menit agar bumbu meresap ke dalam daging. Siapkan mangkuk, kemudian tuang pindang iga taburi irisan tomat, daun bawang dan daun kemangi. Pindang iga siap dihidangkan.



(zik)