Saatnya Bikin Sup Kambing Bening Madura

Minggu, 11 Agustus 2019 - 07:55 WIB
Saatnya Bikin Sup Kambing Bening Madura
Sup kambing bening. Foto/Istimewa/Instagram @masaktv
A A A
JAKARTA - Tidak hanya nikmat dibuat sate atau gulai, daging kambing nikmat juga diolah menjadi hidangan lainnya, salah satunya sup kambing ala Madura. Berbeda dari sup lainnya, sup ini memiliki kuah bening yang menyegarkan.

Sup kambing bening ala Madura ini bisa menjadi pilihan mengolah daging kurban Idul Adha. Pengin untuk mencicipinya? Berikut resep dan cara membuat sup kambing bening ala Madura seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:
500 g daging kambing (dengan tulang)
1 ruas jahe
3 buah pekak
1 btg kayu manis
3 buah kapulaga
1 btg daun bawang
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
2 L air
3 sdm minyak goreng, tumis
½ biji pala
Garam
Lada

Bahan yang dihaluskan:
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih

Pelengkap:
Wortel
Tomat
Bawang goreng
Daun bawang iris

Cara membuatnya:
1. Potong daging kotak-kotak kecil. Rebus daging dan tulang, tambahkan jahe. Panaskan minyak dalam wajan kemudian tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, daun jeruk, kayu manis, dan cengkih. Aduk-aduk hingga merata sampai bumbu yang ditumis tercium bau harum yang nikmat dan rempah yang dimasukkan menjadi lebih layu.

2. Angkat tumisan bumbu dari wajan dan tuangkan bumbu yang ditumis ke dalam panci rebusan daging, jerangkan kembali rebusan daging di atas api hingga mendidih dan kecilkan apinya, kemudian tutup panci dan biarkan rebusan mendidih dan bumbunya meresap ke dalam daging serta masak hingga sari daging keluar dan kaldunya sedikit menyusut dan daging menjadi lebih empuk secara merata.

3. Masukkan tomat beserta daun bawang ke dalam rebusan daging dalam panci dan masak terus hingga seluruh bahan yang dimasukkan menjadi lebih empuk dan lebih matang secara merata. Setelah bahan-bahan matang dari rebusan. Matikan kompor dan angkat rebusan sup kambing bening dari kompor. Sup bening kambing ala Madura siap dihidangkan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8377 seconds (0.1#10.140)