alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cara Menyimpan Daging Kurban agar Tahan Lama dan Tetap Segar

Diana Rafikasari
Cara Menyimpan Daging Kurban agar Tahan Lama dan Tetap Segar
Daging kurban. Foto/Istimewa

JAKARTA - Tidak semua daging kurban saat Idul Adha diolah dan dikonsumsi sekaligus. Jika daging masih tersisa, umumnya daging disimpan dan dimasak lain waktu. Namun, daging kurban tidak bisa sembarangan disimpan begitu saja.

Sebagian orang kerap menyimpannya di dalam lemari es dan memasaknya lain waktu. Namun, daging tak bisa sembarangan disimpan. Agar daging tahan lama serta tetap segar, daging harus disimpan dengan cara dan di tempat yang tepat.

Lantas bagaimana cara menyimpan daging kurban agar tetap segar?



Dilansir dari Foodsafety, daging idealnya disimpan di bawah temperatur 40 derajat celsius. Sebab, semakin dingin suhu, maka daging lebih baik. Sementara, rentang temperatur 2 derajat celcius sampai dengan 5 derajat celsius merupakan suhu yang tepat untuk menyimpan daging.

Hindari juga mencampurkan daging dengan makanan olahan lain di wadah yang sama di dalam kulkas. Pisah daging dengan bahan makanan lainnya dan gunakan wadah khusus agar daging tetap segar dan tidak terkontaminasi baketri lain.

Meski disimpan di dalam kulkas, bukan berarti daging dapat disimpan hingga bertahun-tahun. Sebaiknya, daging tidak disimpan terlalu lama agar bisa dikonsumsi dalam keadaan segar.



(zik)