alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Yuk Coba Bikin Daging Lobak Lada Kecap

Tedy Ahmad
Yuk Coba Bikin Daging Lobak Lada Kecap
Daging lobak lada kecap. Foto/Istimewa

JAKARTA - Momen Idul Adha identik dengan pemotongan hewan kurban. Bagi Anda yang mendapat daging kurban, tak perlu khawatir untuk mengolahnya. Bagian tetelan pun bisa menjadi masakan yang lezat seperti daging lobak lada kecap.

Seperti diketahui, tetelan adalah bagian daging yang sebenarnya merupakan sisa daging yang melekat pada tulang. Daging ini berupa campuran daging, urat, lemak dan sebagainya. Tetelan telah dikelupas dari tulang dan dipotong-potong. Biasa daging ini digunakan untuk sup atau rawon.

Untuk membuatnya, Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara mengolahnya.



Bahan 1:
150 g tetelan sapi, rebus hingga empuk
150 g daging sengkel, rebus hingga empuk
150 g daging gandik, rebus hingga empuk
250 g lobak, potong serasi
200 ml air kaldu dari rebusan daging
200 ml minyak goreng

Bahan 2:
5 sdm minyak goreng
5 siung bawang putih, rajang
½ buah bawang bombai, rajang
2 lembar daun salam
4 buah cabai merah, rajang serong
2 sdm kecap asin
100 ml kecap manis
1 sdt Desaku Ketumbar Bubuk
1½ sdt Ladaku Merica Bubuk
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
2 sdm bawang goreng

Cara membuat:
Panaskan 200 ml minyak goreng, goreng lobak hingga kekuningan. Angkat, tiriskan dan sisihkan.

Panaskan 5 sdm minyak goreng, tumis bawang putih hingga kekuningan. Masukkan bawang bombai, aduk sesaat. Masukkan daun salam, kecap manis dan kecap asin, aduk rata hingga bumbu menyerap. Masukkan tetelan, daging sengkel dan daging gandik. Aduk rata hingga bumbu menyerap.

Masukkan air kaldu daging, aduk hingga rata. Masukkan lobak yang sudah digoreng, aduk hingga rata. Masukkan bawang goreng, aduk hingga rata. Masukkan Ladaku Merica bubuk, Desaku Ketumbar Bubuk dan Desaku Kunyit Bubuk, aduk hingga rata. Masukkan cabai merah, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Angkat dan sajikan selagi panas.



(zik)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif