Bawaslu Lebih Pede Hadapi Pileg dan Pilpres 2019

Selasa, 28 Agustus 2018 - 11:51 WIB
Bawaslu Lebih Pede Hadapi Pileg dan Pilpres 2019
Anggota Bawaslu kabupaten/kota berprestasi menerima penghargaan Bawaslu Jawa Barat Award 2018, Senin (27/8/2018) malam. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Menjelang perhelatan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengklaim lebih percaya diri (pede) dalam melaksanakan tugas pengawasan terhadap ajang pesta demokrasi tersebut.

Hal itu disampaikan Komisioner Bawaslu RI Fritz Edward Siregar dalam kegiatan Malam Penganugerahan Bawaslu Jawa Barat Award 2018 yang digelar Bawaslu Jabar di Amphiteater Trans Studio Mall (TSM), Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Senin (27/8/2018) malam.

"Kalau mau jujur, kami itu merasa lebih percaya diri dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2018," ungkap Fritz.

Menurut Fritz, pengalaman telah membuktikan bahwa seluruh jajaran Bawaslu di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota sukses mengawasi proses dan pelaksanaan ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 dengan mengacu pada standar operasional yang telah ditentukan.

"Bawaslu Jabar Award ini juga untuk mengapresiasi teman-teman yang telah bekerja keras mengawasi jalannya pilkada," ujar Fritz seraya mengatakan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendongkrak performa jajaran Bawaslu Jabar dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2019.

Fritz mengakui, pengawasan pesta demokrasi bukanlah tugas yang mudah. Bahkan, kata Fritz, tugas tersebut memiliki risiko yang besar. Tak jarang jajaran Bawaslu harus menghadapi massa yang emosi hingga berujung pada aksi pelemparan kantor Bawaslu maupun pembakaran mobil operasional.

"Selama proses Pilkada Serentak 2018 saja, sebanyak 15 anggota Bawaslu meninggal dunia. Ada yang kecelakaan, sakit, hingga kelelahan. Itu adalah bagian dalam menjalankan tugas dan peran kami," paparnya.

Berkaca pada pengalaman tersebut, Fritz yakin, seluruh jajaran Bawaslu, khususnya jajaran Bawaslu Jabar akan lebih percaya diri dalam menghadapi perhelatan Pileg dan Pilpres 2019 karena kinerja, termasuk kreadibilitasnya sudah teruji.

"Saya yakin teman-teman lebih tahu bagaimana keras dan banyaknya tantangan yang harus dilaksanakan. Dengan kredibilitas yang dimiliki, saya yakin (Bawaslu) akan lebih percaya diri dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2019," tandasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kinerja Bawaslu Jabar yang dinilainya objektif dan jujur serta cepat dalam menangani berbagai dugaan kasus pelanggaran selama Pilkada Serentak 2018 di Jabar.

"Saya berharap, lewat Bawaslu Jabar Award, kinerja seluruh jajaran Bawaslu Jabar akan lebih baik lagi, terlebih dalam menghadapi pileg dan pilpres yang kemungkinan masalahnya lebih banyak. Ini juga menjadi upaya agar pileg dan pilpres berjalan baik dan sukses," kata Iwa.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4061 seconds (0.1#10.140)