Cuaca Buruk Hambat Pemadaman Kebakaran Gunung Ciremai

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 16:15 WIB
Cuaca Buruk Hambat Pemadaman Kebakaran Gunung Ciremai
Pemadaman kebakaran di Gunung Ciremai yang dilakukan dengan cara water bombing. Foto/MNC Media/Toiskandar
A A A
KUNINGAN - Kebakaran hutan Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat yang terjadi sejak Rabu siang lalu belum juga bisa dipadamkan. Cuaca buruk dan angin kencang menghambat pemadaman yang dilakukan dengan cara water bombing, sehingga akan dilanjutkan besok pagi.

Helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang melakukan water bombing, Jumat (9/8/2019) bergerak dari landasan helipad di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Helikopter ini mengambil air dari Waduk Darma dan menjatuhkan air di titik kebakaran di ketinggian sekitar 9.300 kaki.

Namun, upaya tersebut mengalami kendala cuaca buruk. Kondisi kabut yang cukup tebal dan kecepatan angin mencapai 20 knot membuat upaya water bombing ini tidak dapat dilanjutkan pada Jumat siang tadi.
Cuaca Buruk Hambat Pemadaman Kebakaran Gunung Ciremai

Pilot helikopter ini tak mau ambil risiko dan kembali ke landasan. Rencananya, water bombing akan dilakukan kembali pada besok pagi. "Cuaca tidak mendukung, ada banyak awan, gelap, saya nggak boleh masuk. Ada angin juga kencang, jadi memang harusnya pagi jam 8," kata Kapten Pilot Agus Rustadji.

Di sisi lain, pemadaman kebakaran tetap dilakukan oleh tim gabungan dengan cara manual. Hingga saat ini, tim gabungan dari BPBD, TNGC, TNI, Polri, dan relawan terus melakukan pemadaman secara manual.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0894 seconds (0.1#10.140)