Ridwan Kamil Minta bank bjb Terus Berinovasi

Kamis, 08 Agustus 2019 - 11:12 WIB
Ridwan Kamil Minta bank bjb Terus Berinovasi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri acara Penutupan Business Review bjb Semester I Tahun 2019 di Ballroom Hotel Aryaduta, Kota Bandung, Rabu (7/8/2019). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil terus mendukung upaya Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten atau bank bjb untuk bertransformasi dan berinovasi dengan lebih berpihak pada masyarakat Jabar khususnya pelaku UMKM.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, kemudahan akses layanan perbankan dapat mengentaskan praktik rentenir yang saat ini semakin marak di kalangan masyarakat golongan menengah ke bawah atau golongan ekonomi lemah.

"bjb harus mempunyai target market yang lebih luas dan menyentuh lapisan masyarakat terkecil," kata Emil dalam acara 'Penutupan Business Review bjb Semester I Tahun 2019' di Ballroom Hotel Aryaduta, Kota Bandung, Rabu (7/8/2019).

"Dengan mengoptimalkan penyaluran kredit mikro (Mesra) yang merupakan program unggulan kami, dapat melepaskan warga Jawa Barat terhadap jerat rentenir. Saya kira bjb punya kapasitas luar biasa," katanya.

Emil juga berpesan agar bjb terus meningkatkan kinerjanya melalui dukungan teknologi dan inovasi demi merespons peluang-peluang di masyarakat, salah satunya rencana pengembangan infrastruktur dengan nilai total hampir Rp600 triliun. "Di masa yang akan datang, bjb terlibat aktif, didahulukan untuk proyek-proyek di Jawa Barat," ucap Emil.

Menurut Emil, yang perlu diperhatikan juga adalah IT yang juga jadi kebutuhan dalam era 4.0 ini. "Kalau infrastruktur, mikro, dan IT-nya dibenahi, saya punya keyakinan luar biasa kalau bank ini (bjb) akan berlari dalam waktu yang akan datang," pungkasnya.
Ridwan Kamil Minta bank bjb Terus Berinovasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi. Foto/Istimewa

Menurut Direktur Utama Bank bjb Yuddy Renaldi, untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan berkelanjutan, pihaknya akan menerapkan tiga fokus utama.

"Fokus pertama adalah reposisi bisnis, kedua (adalah) reorganisasi, dan fokus ketiga re-engineering teknologi informasi. Kami sangat optimis dapat menghadapi berbagai tantangan industri perbankan saat ini dengan menjalankan tiga fokus utama tersebut dengan dukungan sumber daya manusia yang mumpuni serta jaringan kantor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," tutur Yuddy.

Dia menambahkan, sesuai rencana bisnis dan program kerja bjb pun berkomitmen untuk mendukung pembangunan ekonomi di daerah maupun nasional melalui pembiayaan terhadap sektor produktif dengan fokus UMKM dan infrastruktur.

"Sebagai salah satu program akselerasi, kami akan berkolaborasi dengan BUMD-BUMD lain di wilayah Jawa Barat dan Banten agar pembangunan dan program-program pemerintah dapat segera direalisasikan," ujar Yuddy.

Dari segi kinerja, pencapaian bank bjb pada Semester I Tahun 2019 memberikan hasil yang memuaskan. Total aset bank bjb tumbuh 6,4 persen year on year (yoy) menjadi Rp120,7 triliun. Pertumbuhan aset ini didukung penghimpunan DPK sebesar Rp95,1 triliun atau tumbuh sekitar 7 persen dari tahun lalu. Total kredit yang disalurkan mencapai Rp78,2 triliun atau tumbuh sebesar 8,2 persen yoy. Sementara, untuk laba bersih setelah pajak tercatat sebesar Rp803 miliar.

Kualitas kredit bank bjb juga berhasil dijaga dengan baik, di mana rasio Non Performing Loan (NPL) dapat bertahan di level 1,7 persen atau lebih baik dibanding rasio NPL industri perbankan per Mei 2019 sebesar 2,61 persen. Adapun rasio Net Interest Margin (NIM) bank bjb berada pada level 5,7 persen atau berada di atas rata-rata rasio NIM industri perbankan yang mencapai 4,9 persen.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1684 seconds (0.1#10.140)