alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wisata Ramah Lingkungan di Taman Herbal Insani

KORAN SINDO
Wisata Ramah Lingkungan di Taman Herbal Insani
Taman Herbal Insani. Tangkapan layar Official iNews

DEPOK - Di tengah hiruk-pikuk pembangunan gedung pencakar langit di Depok, Jawa Barat, ternyata masih ada satu kawasan wisata yang sangat asri di kota yang memiliki tagline Unggul, Nyaman, dan Religius ini. Kawasan yang berada di Sawangan, tepatnya Jalan Kampung Kandang, Duren Seribu, Bojongsari, Depok, bernama Taman Herbal Insani.

Objek wisata ini bisa menjadi rekomendasi liburan bersama keluarga yang sangat menyenangkan. Selain suasana alam yang ditawarkan, pengunjung juga tak perlu merogoh kocek dalam. Objek wisata ini menawarkan ragam tempat yang cocok untuk bermain anak. Ada playground, kolam renang, serta beberapa spot foto yang cukup menarik.

Taman Herbal Insani berdiri di atas lahan seluas 1,8 hektare. Sejak dibuka beberapa tahun lalu, taman ini selalu ramai dikunjungi. Taman Herbal Insani milik seorang warga bernama Mahendra. Dia menggabungkan konsep taman herbal dengan taman wisata yang ramah lingkungan bagi keluarga. "Di sini kami menyediakan aneka fasilitas mainan. Sekitar 60% adalah mainan air," kata Mahendra.



Adapun yang menjadi arena favorit anak-anak adalah kolam renang. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas di Archery Club yang dapat dimainkan anak-anak ataupun orang dewasa dengan dibantu pemandu. Kemudian, edukasi memberi makan ikan di kolam yang sudah disediakan. Ada juga beberapa hewan, seperti kelinci, burung, dan masih banyak lagi.

Taman Herbal Insani buka sejak pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Bagi Anda yang masih bingung menentukan tempat berlibur, kawasan wisata ini sangat cocok untuk keluarga. "Konsepnya edukasi tanaman herbal dan wisata," ucapnya.

Taman Herbal Insani dibuat sebagai sarana memperkenalkan kepada masyarakat tentang pemanfaatan tanaman obat, budi dayanya, serta cara pengolahannya. Sesuai namanya, Taman Herbal Insani dipenuhi tanaman-tanaman yang bisa digunakan untuk pengobatan tradisional. "Jadi pengunjung bisa belajar langsung mengenai tanaman obat beserta pemanfaatannya," ungkapnya.

Tidak hanya ditanam, beberapa koleksi tanaman herbal juga dijual kepada pengunjung yang membutuhkan obat-obatan alami dari tumbuhan. Budi daya dan penjualan obat herbal ini juga dikelola langsung oleh perusahaan Herbal Insani.

Retno, salah satu pengunjung, mengaku senang dengan keberadaan wisata alam seperti ini. Harga tiket yang dipatok pun tidak mahal. "Tiket anak-anak Rp20.000 dan dewasa Rp25.000. Terjangkau untuk kalangan saya," ucapnya.

Ini adalah pertama kalinya Retno membawa keluarga berlibur ke Taman Herbal Insani. Dia dan keluarga sangat antusias, apalagi wahana mainan di tempat ini banyak dan bisa juga mengenal bermacam tumbuhan herbal. "Menu makanan cukup bervariasi dan harganya terjangkau," katanya.



(zik)