alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tumpahan Minyak Cemari Karawang, Emil Minta Pertamina Tanggung Jawab

Agus Warsudi
Tumpahan Minyak Cemari Karawang, Emil Minta Pertamina Tanggung Jawab
Petani tambak terpaksa melakukan panen lebih dini setelah tumpahan minyak mulai mendekati lokasi tambak di pesisir pantai Karawang. Foto/Dok SINDOnews

BANDUNG - Tumpahan minyak di Laut Karawang sejak 12 Juli 2019 lalu meluas hingga Bekasi bahkan perairan Pulau Seribu akibat bocornya pipa minyak Pertamina. Gubernur Jabar Ridwan Kamil diperintahkan Presiden untuk menyelesaikan masalah tersebut.

"Sekarang saya mau ke sana (Karawang). Saya sudah panggil Pertamina, Bupati Karawang, Sekda Bekasi untuk langkah antisipasi," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai kegiatan istigasah di Masjid Al-Amman, Polda Jabar, Rabu (7/8/2019).

Emil, sapaan Gubernur Jabar, mengemukakan, Pertamina harus bertanggung jawab penuh atas kejadian tersebut. "Kami melihat dari segi bisnis (perekonomian masyarakat), ikan mati, nelayan tidak bisa melaut, hutan bakau, hingga masyarakat  kehilangan mata pencaharian, itu harus ada kompensasi. Kompensasi harus ada untuk masyarakat yang terdampak," ujar Emil.



Disinggung tentang tanggap darurat, Emil menuturjak tak ada yang mau musibah ini terjadi. "Tak ada tanggap darurat. Saat ini sedang dalam proses penyelesaian yang ditargetkan selesai dua-tiga minggu," tuturnya.



(zik)

loading...