Ki Jaga Raksa Kembali Jadi Pembawa Bendera Pusaka, Ambu Anne Bangga

Selasa, 06 Agustus 2019 - 16:47 WIB
Ki Jaga Raksa Kembali Jadi Pembawa Bendera Pusaka, Ambu Anne Bangga
Kereta Kencana Ki Jaga Raksa dipersiapkan untuk membawa bendera pusaka saat peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Istana Negara 17 Agustus 2019. Foto/Istimewa
A A A
PURWAKARTA - Kereta Kencana Ki Jaga Raksa milik Pemkab Purwakarta kembali akan membawa bendera pusaka dalam Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara pada 17 Agustus 2019. Keterlibatan kereta kencana yang menjadi salah satu ikon Purwakarta dalam momentum nasional merupakan yang keempat kalinya secara berturut-turut.

"Kami turut berbangga karena selama empat tahun berturut-turut dipercaya menjadi kendaraan pembawa bendera pusaka. Ditambah adanya salah satu siswa asal Purwakarta yang menjadi anggota tim nasional Paskibraka," ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Bale Nagri Purwakarta, Selasa (6/8/2019).

Menurut Ambu Anne, pihak Istana Negara sudah mengajukan peminjaman di akhir 2018 lalu. Sehingga, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk perbaikan. "Sejak lama sudah dipersiapkan, bahkan dua bulan terakhir ini berada di Yogyakarta untuk mendapat perbaikan," ujarnya.

Ambu Anne menjelaskan, Kereta Kencana Ki Jaga Raksa sendiri memilki filosofi yang cukup kuat, didesain di masa kepemimpinan Dedi Mulyadi, mengambil tema tentang Jawa Barat bisa dilihat dari ornamennya. "Dibuat masa kepemimpinan Kang Dedi waktu itu, ornamennya tentang Jawa Barat, kan ada bentuk kujangnya," katanya.

Dia pun bangga lantaran siswa SMAN 1 Purwakarta, Fara El Diba terpilih menjadi anggota pasukan nasional pengibar bendera di Istana negara pada upacara peringatan HUT ke-74 RI nanti. Hal tersebut menurutnya menjadi motivasi dan inspirasi bagi generasi muda di Purwakarta lainnnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6999 seconds (0.1#10.140)