alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lilin Tersenggol lalu Jatuh di Karpet, Rumah di Karawang Hangus

Nila Kusuma
Lilin Tersenggol lalu Jatuh di Karpet, Rumah di Karawang Hangus
Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Karawang Rohmat bersama timnya yang melakukan pemadaman kebakaran rumah saat padam listrik. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma

KARAWANG - Dua rumah di Karawang, Jawa Barat, terbakar saat listrik padam Minggu dan Senin kemarin. Kebakaran disebabkan lilin yang digunakan untuk penerangan tersenggol dan jatuh di karpet hingga membakar habis seluruh bangunan rumah.  

"Malam kemarin sudah dua rumah yang terbakar yaitu di Desa Margamulya, Kecamatan Telukjambe dan Desa Karyasari, Kecamatan Rengasdengklok. Penyebabnya karena menaruh lilin di tempat yang berbahaya atau dekat dengan benda yang mudah terbakar. Memang saat peristiwa kebakaran hampir seluruh wilayah di Karawang mengalami pemadaman listrik, hingga banyak yang menggunakan lilin," kata Kepala UPTD Kebakaran Kabupaten Karawang Rohmat, Selasa (6/8/2019).

Rohmat mengatakan, rumah yang terbakar di dua tempat berbeda itu cukup menyulitkan karena api demikian cepat membesar. Petugas pemadam kebakaran berhasil mencegah kebakaran semakin meluas. "Meski apinya besar tapi kita berhasil mencegah api merambat ke tempat lain," katanya.



Sementara itu pemilik pemilik rumah yang terbakar di Desa Margamulya, Umi (79) mengatakan saat kejadian dia memasang lilin karena gelap. Saat itu lilin yang dipasang di dekat televisi tersenggol dan jatuh mengenai karpet. "Api cepat sekali membesar mungkin karena rumah saya semipermanen dan dalam waktu tidak lama terbakar semuanya," kata Umi.



(zik)