alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kecepatan Angin di Ciayumajakuning Meningkat, Ini Penjelasan BMKG

Inin Nastain
Kecepatan Angin di Ciayumajakuning Meningkat, Ini Penjelasan BMKG
Kantor BMKG Jatiwangi. Foto/Dok SINDOnews

MAJALENGKA - Kecepatan angin di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) sejak beberapa hari terakhir mengalami peningkatan. Kondisi itu diprakirakan masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah Utara dan Selatan ekuator, menjadi salah satu penyebab kondisi itu. Di wilayah Utara, tekanan udara mencapai 997 hPa (hektopascal, satuan ukuran tekanan atmosfer). Sedangkan di wilayah selatan mulai terbentuk pusat tekanan tinggi sebesar 1.035 hPa.

"Mengingat wilayah Ciayumajakuning berada di Selatan dekat dengan pusat tekanan tinggi yang berada di daratan Aurstalia dan didukung oleh faktor lokal adanya Gunung Ciremai, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan kecepatan angin," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn kepada SINDOnews, Senin (5/8/2019).



Di wilayah Ciayumajakuning, jelas dia, berdasarkan hasil pengamatan di BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi pada Senin pagi, kecepatan angin umumnya dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan maksimum mencapai 47 kilometer per jam. Kondisi itu, jelas dia, bisa berpengatuh terhadap tinggi gelombang di perairan utara Cirebon dan Indramayu, yang bisa mencapai 1,5 meter.

"Kondisi peningkatan kecepatan angin diprakirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 56 kilometer per jam, dan masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan."



(zik)