Pemkab Purwakarta Imbau Panitia Kurban Gunakan Daun

Minggu, 04 Agustus 2019 - 17:01 WIB
Pemkab Purwakarta Imbau Panitia Kurban Gunakan Daun
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melihat hewan kurban. Foto/Istimewa
A A A
PURWAKARTA - Warga Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sudah harus meninggalkan penggunaan kresek atau jenis plastik lain sebagai pembungkus daging kurban. Plastik harus diganti dengan media yang ramah lingkungan seperti daun pisang atau daun jati.

Pemkab Purwakarta menginginkan perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini menjadi momentum dalam upaya mengurangi sampah plastik. Sebab, sampah sejenis itu terbilang cukup merepotkan dan menjadi penyumbang sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikolotok.

"Nanti kami sosialisasikan melalui surat edaran, agar panitia kurban tidak menggunakan plastik berwarna. Alternatifnya dengan memanfaatkan material yang ramah lingkungan" ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Minggu (4/8/2019).

Selain itu, ada beberapa wilayah di Purwakarta yang diimbau memanfaatkan daun jati terutama di wilayah Wanayasa, Kiarapedes yang masih terdapat banyak pohon jati. "Ada berapa wilayah kami imbau untuk manfaatkan daun jati. Karena tujuannya untuk kesehatan dan kelestarian lingkungan. Target kami adalah mengurangi sampah plastik yang memang sulit diurai," jelas Anne.

Sedangkan untuk sistem pembagian daging kurban, Anne menyerahkan sepenuhnya kepada pihak panitia atau masyarakat yang akan berkurban. "Untuk sistem pembagian, apakah mau diantarkan atau menggunakan kupon ya kita serahkan pada panitia," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8134 seconds (0.1#10.140)