Tinggi Kolom Abu Erupsi Tangkuban Parahu 50 Meter

Minggu, 04 Agustus 2019 - 10:51 WIB
Tinggi Kolom Abu Erupsi Tangkuban Parahu 50 Meter
Istimewa
A A A
BANDUNG - Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat kembali menunjukkan aktivitasnya. Gunung yang memiliki ketinggian 2084 meter di atas permukaan laut itu kembali erupsi pada Minggu (4/8/2019) pukul 06.58 WIB. Terlihat asap putih masih terus keluar dari Kawah Ratu.

"Pukul 06.58 WIB teramati tinggi kolom abu erupsi mencapai lebih kurang 50 (meter) dari dasar kawah," kata Kepala PVMBG Kasbani dalam rilis yang diterima, Minggu (4/8/2019).

Secara seismik, aktivitas Gunung Tangkuban Parahu masih didominasi gempa-gempa yang mencerminkan aktivitas di kedalaman dangkal berupa gempa embusan. Analisis PVMBG, aktivitas Gunung Tangkuban Parahu masih berada dalam kondisi yang belum stabil serta potensi erupsi dapat berubah sewaktu-waktu.

Ancaman bahaya yang terjadi saat ini berupa hujan abu serta embusan gas vulkanik dengan konsentrasi berfluktuasi di sekitar Kawah Ratu yang dapat membahayakan kesehatan dan keselamatan jiwa pengunjung, pedagang, masyarakat sekitar, bila kecenderungan konsentrasi gas-gas vulkanik tinggi.

Erupsi freatik dan hujan abu di sekitar kawah berpotensi terjadi tanpa ada gejala vulkanik yang jelas. Karena itu, masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu dan wisatawan atau pendaki, diimbau tidak mendekati kawah yang ada di puncak Gunung Tangkuban Parahu dalam radius 1,5 Km dari kawah aktif.

Masyarakat diimbau untuk mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik dan diimbau tidak berlama-lama berada di sekitar kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu agar terhindar dari paparan gas yang dapat berdampak bagi kesehatan dan keselamatan jiwa.

Tak hanya itu, PVMBG mengimbau mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala vulkanik yang jelas. Masyarakat juga diminta tetap memperhatikan perkembangan yang dikeluarkan oleh BPBD setempat dan selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0907 seconds (0.1#10.140)