Dampak Gempa Banten, Rumah Warga Cianjur, Bandung Barat, dan Sukabumi Rusak

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 23:03 WIB
Dampak Gempa Banten, Rumah Warga Cianjur, Bandung Barat, dan Sukabumi Rusak
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pascagempa 6,9 SR yang mengguncang Banten dan dirasakan di sejumlah wilayah termasuk di Jawa Barat, Jumat (2/8/2019) malam, tercatat tujuh rumah rusak berat, tiga rusak sedang, dan lima lainnya rusak ringan.

Menurut Plh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB hingga pukul 22.10 WIB, rumah rusak berat teridentifikasi di wilayah Kabupaten Cianjur dan Bandung Barat, Jawa Barat.

"Kerusakan rumah sebanyak lima unit rusak berat di Desa Neglasari dan satu unit di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur. Rumah rusak berat lain tercatat satu unit di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipeundeuy, Bandung Barat," jelas Agus dalam siaran persnya.

Selain itu, kerusakan di kabupaten ini juga terjadi di Kecamatan Cipatat dan Cililin. Satu rumah rusak ringan di Desa Cirawa Mekar, Kecamatan Cipatat, sedangkan empat lainnya di Kecamatan Cililin.

Sementara itu, dua unit rumah mengalami rusak ringan dan rusak sedang di Kabupaten Sukabumi. Rincian kerusakan satu unit di Desa Jayabakti Kecamatan Cidahu dan satu lagi di Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak. Kerusakan juga terjadi pada bangunan Majelis Taklim di Desa Margaluyu, Kecamatan Sukaraja, dengan kategori rusak ringan. "Di Kota Bogor, BPBD setempat melaporkan satu unit rumah mengalami retak-retak," ujarnya.

Gempa bumi bermagnitudo 6,9, yang sebelumnya dirilis bermagnitudo 7,4 ini dirasakan dengan durasi berbeda di beberapa wilayah. Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menyatakan bahwa peringatan dini tsunami yang disebabkan gempa berakhir pada pukul 21.35 WIB. Gempa magnitudo 6,9 ini terjadi pada pukul 19.03 WIB yang berlokasi 147 km barat daya Sumur, Banten.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6876 seconds (0.1#10.140)