Polda Jabar Kerahkan Personel ke Gunung Tangkuban Parahu

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 15:58 WIB
Polda Jabar Kerahkan Personel ke Gunung Tangkuban Parahu
Polda Jabar mengerahkan ratusan personel untuk membantu pengamanan dan evakuasi di Gunung Tangkuban Parahu. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Polda Jawa Barat menerjunkan ratusan porsonel dari Polres Cimahi, Polres Subang, dan Detasemen C Brimob Polda Jabar ke Gunung Tangkuban Parahu menyusul peningkatan status aktivitas gunungapi tersebut dari Level I atau Normal menjadi Waspada.

Ratusan personel tersebut diterjunkan untuk membantu pengamanan dan bersiaga melakukan evakuasi jika Gunung Tangkuban Parahu kembali erupsi dan membahayakan masyarakat.

"Penerjunan personel ke Tangkuban Parahu dalam rangka pelayanan dan pengamanan. Di situ ada personel Brimob, polres, dan polsek," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat (2/8/2019).

Jumlah personel disiagakan di Tangkuban Parahu, ujar Truno, berjumlah satu kompi atau setara 200 orang. Anggota polisi yang berjaga pun diinstruksikan untuk melakukan patroli di sekitar kawasan Gunung Tangkuban Parahu.

Diketahui, Gunung Tangkuban Parahu kembali menunjukan aktifitasnya. Pada Kamis 1 Agustus 2019 malam sekitar pukul 20.46 WIB.

Ketinggian kolom abu teramati kurang lebihnya 180 meter dari dasar kawah. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 11 menit 23 detik.

Kemudian pada Jumat 2 Agustus 2019 sekitar pukul 00:43 WIB, erupsi terjadi dengan tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm (overscale) dan durasi kurang lebih 3 menit 6 detik. Erupsi kembali terjadi pada pukul 01.45, 03.57, dan 04.06 WIB. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm (overscale)," ujar Kasbani.

Status Gunung Tangkuban Parahu di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Subang naik dari Level 1 atau Normal menjadi Level II atau Waspada, Jumat (2/8/2019) pukul 08.00 WIB.

Saat ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan SumberDaya Mineral (ESDM), saat ini tengah melakukan valuasi menerus untuk mengantisipasi tingkat aktivitas dan potensi ancaman erupsi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9808 seconds (0.1#10.140)