alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab Karawang-Pertamina Bentuk Tim Kompensasi Bocoran Minyak

Nila Kusuma
Pemkab Karawang-Pertamina Bentuk Tim Kompensasi Bocoran Minyak
Petani tambak terpaksa panen lebih awal lantaran tumpahan minyak mulai mendekati lokasi tambak di pesisir pantai Karawang. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma

KARAWANG - Pemkab Karawang membentuk Tim Kompensasi atas kerugian warga pesisir yang terdampak bocoran minyak Pertamina. Tim kompensasi ini dibentuk berdasarkan SK Bupati setelah pihak Pertamina menyatakan kesiapannya memberikan kompensasi kepada warga yang terdampak. Tim kompensasi saat ini merumuskan mekanisme penyaluran dana kompensasi dan menginventarisasi warga terdampak.

"Tim Kompensasi ini dibentuk berdasarkan SK Bupati agar memiliki kekuatan hukum tentang kewenangannya menyalurkan dana kompensasi. Apalagi Pertamina itu perusahaan negara yang setiap pengeluarannya dipertanggungjawabkan kepada negara. Anggota tim dari unsur dinas dan juga pihak independen yang akan bekerja secepatnya," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Hendro Subroto, Jumat (2/8/2019).

Menurut Hendro, Pertamina menyatakan bertanggung jawab atas kerugian yang dialami warga pesisir akibat kebocoran minyak. Masyarakat pesisir Karawang diminta untuk menunggu proses ganti rugi tersebut hingga tim kompensasi selesai melakukan pendataan. "Proses kompensasi ini membutuhkan waktu agar bisa dilaksanakan secara adil dan dapat dipertanggung jawabkan. Setiap warga yang memang dirugikan pasti akan dapat kompensasi, jadi tenang saja menunggu arahan selanjutnya," katanya.  



Sementara itu VP Relation Pertamina, Ifki Sukarya mengatakan Pertamina menyambut baik dibentuknya tim kompensasi oleh Pemkab Karawang. Dia berharap dengan adanya tim ini proses pemberian kompensasi bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar. "Kami dari Pertamina siap bekerja sama dengan tim kompensasi ini dan berharap semuanya bisa berjalan cepat dan lancar," kata Ifki.

Pertamina akan memberikan kompensasi berdasarkan data yang diberikan tim kompensasi. Oleh karena itu Pertamina berharap warga terdampak bisa mendapatkan haknya atas kerugian yang dialami. "Pertamina sudah siap memberikan kompensasi menunggu hasil pendataan dari tim kompensasi." katanya.



(awd)

loading...