Cara Menyimpan Rempah-Rempah agar Tak Mudah Rusak

Kamis, 01 Agustus 2019 - 15:25 WIB
Cara Menyimpan Rempah-Rempah agar Tak Mudah Rusak
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Rempah-rempah merupakan perpaduan unik dari rasa dan aroma yang dapat dengan mudah meningkatkan rasa dari setiap kelezatan makanan. Rempah-rempah aromatik dapat meningkatkan cita rasa hidangan hambar dan mungkin itulah alasan mengapa masakan dengan rempah-rempah tidak pernah gagal menggugah selera.

Oleh karena itu, agar masakan terasa nikmat, menyimpan rempah-rempah yang tepat sangatlah penting. Terutama selama cuaca tidak menentu, termasuk musim hujan. Ketika cuaca di luar menjadi lembap, makanan mulai mudah rusak. Apalagi saat musim hujan, bumbu-bumbu menjadi mudah menggumpal. Aromanya juga mulai memudar membuat tidak aman untuk dikonsumsi.

Sama halnya dengan rempah-rempah, mereka juga akan kehilangan rasanya karena terkena cuaca yang lembab. Karena itu, Anda harus ekstrahati-hati saat menyimpan bumbu-bumbu tersebut. Berikut tips menyimpan rempah-rempah agar tidak rusak seperti dilansir Times of India.

1. Simpan rempah-rempah dalam wadah kedap udara
Sebelum musim hujan, pastikan Anda membersihkan dapur dan menyimpan semua bahan dalam wadah kedap udara. Ini tidak hanya dapat menjaga rempah-rempah dari jamur, tetapi juga dapat membantu rempah-rempah tetap segar dalam waktu yang lama.

2. Jauhkan dari panas
Kebiasaan menyimpan rempah-rempah di dekat kompor gas dapat membuat bumbu-bumbu tersebut terkena panas dan kelembaban secara langsung membuat mereka terlalu mudah menguap. Minyak esensial dan aroma yang ada dalam rempah-rempah menguap ke udara terutama selama udara lembab. Selalu simpan rempah-rempah di dalam lemari, jauh dari kompor gas dan sinar matahari langsung.

3. Jangan simpan rempah-rempah di kulkas menggunakan plastik
Kulkas sering mengubah rasa alami dan aroma rempah-rempah. Anda harus memperhatikan bahwa rempah-rempah semakin berlapis di bagian bawah tabung atau kemasan bahkan ketika Anda menyimpannya di kulkas. Ini terjadi karena kelembaban di kulkas dan sebagai gantinya, simpan rempah-rempah di dalam botol kaca gelap kering.

4. Simpan rempah-rempah dalam posisi tegak
Aturan dasar dan sederhana untuk dapur cerdas adalah menyimpan segala sesuatu dalam posisi tegak. Selain terlihat rapi, cara ini juga dapat meningkatkan umur simpan bahan. Menjaga rempah-rempah dalam posisi tegak membuat mereka tidak mudah hancur.

5. Simpan di tempat kering
Segala bentuk kelembaban dapat merusak warna dan aroma rempah-rempah. Pastikan tidak pernah langsung memasukkan jari atau sendok basah ke dalam stoples karena dapat memicu pembentukan jamur. Untuk menghindari bau basi dan kehilangan rasa, jauhkan bumbu dari air. Selalu simpan rempah-rempah di tempat yang kering dan gelap, jauh dari air dan sumber cahaya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4363 seconds (0.1#10.140)