alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

SKL yang Diterbitkan Syafruddin Arsyad Temenggung Sesuai Aturan

Rachmat Baihaqi
SKL yang Diterbitkan Syafruddin Arsyad Temenggung Sesuai Aturan
Surat Keterangan Lunas (SKL) yang diterbitkan Syafruddin Arsyad Temenggung (SAT) terkait BLBI dinilai pengacara SAT, Hasbullahsudah sesuai aturan. Foto SINDOnews

JAKARTA - Surat Keterangan Lunas (SKL) yang diterbitkan Syafruddin Arsyad Temenggung (SAT) terkait BLBI dinilai pengacara SAT, Hasbullahsudah sesuai aturan. Penegasan itu sekaligus menyanggah pendapat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Perbuatan Pak Syafruddin dalam rangka mengeluarkan SKL itu didasari dari peraturan perundangan," kata Hasbullah.

Hal itu dikatakan dalam diskusi pubik bertajuk "Vonis Bebas MA Terhadap Syafruddin: Siapa Salah, MA atau KPK?" di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2019).

"Secara jelas dalam audit BPK tahun 2006 dikatakan BPK berpendapat bahwa SKL telah menyelesaikan seluruh kewajiban yang transparan," katanya.



Menurut dia, kliennya sudah melakukan tindakan yang bermanfaat bagi negara. Dia menilai kebijakan Syafruddin membuat Indonesia keluar dari krisis.

"Jadi bayangkan Pak Syafruddin ini telah melakukan tindakan sebagai kepala BPPN telah menyelesaikan dan berhasil meningkatkan dan berhasil mengeluarkan Indonesia dari keadaan krisis menjadi tidak krisis," katanya.

KPK mematuhi putusan Mahkamah Agung (MA) yang memvonis lepas Syafruddin Arsyad Temenggung terkait kasus penerbitan surat keterangan lunas (SKL) BLBI. Namun, KPK menegaskan kasus itu ranah pidana.

"KPK setuju dengan putusan pengadilan yang mengatakan perbuatan terdakwa terbukti. Tapi KPK berbeda pendapat tentang apakah ini berada pada ranah pidana, perdata atau administrasi negara," kata Juru Bicara Humas KPK, Febri Diansyah dalam kesempatan yang sama.



(sms)