alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Brigjen TNI Rochadi Resmi Menjadi Komandan Koopssus

Raka Dwi Novianto
Brigjen TNI Rochadi Resmi Menjadi Komandan Koopssus
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan Komando Operasi Khusus (Koopssus) pada hari ini Selasa 30 Juli 2019 di Lapangan Satpamwal Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Foto/SINDOnews/Raka Dwi N

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan Komando Operasi Khusus (Koopssus) pada hari ini Selasa 30 Juli 2019. Peresmian Koopssus bertempat di Lapangan Satpamwal Denma Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Dalam upacara peresmian Koopssus, Panglima TNI bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara Komandan Denjaka Kolonel Mar Nanang Saefulloh.

Dalam upacara tersebut, dilaksanakan pengambilan sumpah jabatan, penandatangan Pakta Integritas dan pelantikan jabatan Komandan Koopssus TNI. Nantinya, Komandan Koopssus TNI akan dijabat oleh Brigjen TNI Rochadi yang sebelumnya menjabat Dir A Bais TNI.



Pembacaan sumpah dibacakan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang diikuti oleh Dankoopssus TNI Brigjen TNI Rochadi. "Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini baik langsung maupun tidak langsung dengan rupa atau dalih apa pun juga tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siapa pun juga," ujar Hadi diikuti oleh Rochadi.

"Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja dari siapa pun juga yang saya tau atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya. Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit," ucap Hadi lagi diikuti oleh Dankoopssus TNI.

Dilakukan juga penandatanganan naskah peresmian kesatuan oleh Panglima TNI turut disaksikan Kababinkum TNI Mayjen TNI Joko Purnomo dan Komandan POM TNI Mayjen TNI Dedy Iswanto.

Pasukan yang terlibat dalam upacara terdiri dari pleton Satkorsik Denma Mabes TNI (31 orang), tiga pleton Koopssus TNI (Kompi 1), tiga Pleton Kopassus TNI AD (Kompi 2), tiga pleton Marinir TNI AL (Kompi 3), tiga pleton Paskhas TNI AU (Kompi 4), dan tiga pleton Taipur Kostrad TNI AD (Kompi 5). Alutsista yang dikerahkan yaitu 1 unit ATAV, 2 unit Sea Rider, 2 unit Rantis Serbu, 1 unit Mars Tangga dan 1 unit P2 Komando.

Diketahui pembentukan Koopssus TNI berdasarkan Peraturan Panglima (Perpang) TNI Nomor 19 Tahun 2019 tanggal 19 Juli 2019 tentang Organisasi dan Tugas Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia. Nantinya, struktur organisasi terdiri dari eselon pimpinan, pembantu pimpinan, eselon pelayanan dan eselon pelaksana.

Landasan hukum pembentukan Koopssus adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia pada 3 Juli 2019.

Peresmian Koopssus TNI dimeriahkan dengan Demontrasi Free Fall yang dilaksanakan dengan dua Run. Untuk Run 1 akan dilaksanakan oleh 6 peterjun dengan payung military dan perlengkapan IPP set pasukan khusus. Run 2 dilaksanakan penerjun dengan membawa 6 Bendera lambang-lambang Angkatan yaitu Bendera TNI AD (Kartika Eka Paksi), Bendera TNI AL (Jalesveva Jayamahe), Bendera TNI AU (Tri Dharma Eka Karma), Bendera Koopssus TNI (Tricakti Adikari) dan Bendera Merah Putih.

Upacara peresmiaan Koopssus TNI dihadiri pula di antaranya Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Selain itu, Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Irjen TNI Letjen TNI M. Herindra, Dansesko TNI Marsdya TNI Trisno Hendradi, Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Nono Suharsono, Kabakamla RI Laksdya Achmad Taufiqoerrochman, Kabasarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito, Kabaharkam Polri Irjen Pol Condro Kirono, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dan Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono.



(zik)