Dukung Majalengka Exotic Sundaland, Karna Sobahi Siapkan Dana Hibah

Selasa, 30 Juli 2019 - 12:37 WIB
Dukung Majalengka Exotic Sundaland, Karna Sobahi Siapkan Dana Hibah
Bupati Majalengka Karna Sobahi. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Sejumlah kelompok dari berbagai kalangan, komunitas, pelaku usaha, akademisi, pemerintah, dan media sepakat untuk lebih memunculkan potensi Kabupaten Majalengka. Salah satu bentuk komitmen itu ditandai dengan kesepakatan terhadap munculnya tagline Majalengka Exotic Sundaland.

Tagline itu merupakan hasil dari workshop yang diprakarsai Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pekan lalu. Saat itu, pada hari terakhir hadir Wakil Bupati Majalengka Tarsono. Namun, belum ada dukungan resmi dari pemerintah lantaran Bupati sedang tugas ke luar kota.

Menyikapi tagline itu, Bupati Karna Sobahi menegaskan, ada sumber-sumber yang bisa dijadikan untuk menyokong gerakan Majalengka Exotic Sundaland itu. "Tentu, tugas pemerintah meng-guide, membina, membantu, memfasilitasi, menghibahkan dana," kata Karna seusai membuka Invitasi Olahraga Tradisional Bagi Pelajar SD Tingkat Kabupaten Majalengka, Selasa (30/7/2019).

Dukungan secara finansial, jelas Karna, bisa diberikan lewat hibah. Dia memastikan, pemberian hibah untuk gerakan itu sangat dimungkinkan bisa dilakukan. "Boleh hibah. Saya sudah konsultasi ke BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Selama hibah itu efektif digunakan, kemudian output ada, kemudian dipertanggungjawabkan, silakan kata BPK itu. Yang tidak boleh kan memberikan hibah, lembaganya tidak ada, abal-abal, ditanyakan hasilnya mana juga tidak ada. Tidak boleh," papar dia.

Karna menjelaskan, potensi kreativitas di Majalengka sempat luput dari perhatian pemerintah. Padahal, kreativitas mereka sudah mendapat pengakuan dari masyarakat luas. "Seni pertunjukan dibangun mandiri, tanpa kekuatan APBD (dan) APBN. Ini luar biasa. Majalengka termasyhur kreativitasnya itu mungkin tidak disadari oleh orang dalam (Kabupaten Majalengka), termasuk oleh para pejabat juga tidak disadari," tegas dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6532 seconds (0.1#10.140)