Ridwan Kamil Imbau Warga Tenang dan Tidak Sebar Hoaks Erupsi Tangkuban Parahu

Jum'at, 26 Juli 2019 - 23:54 WIB
Ridwan Kamil Imbau Warga Tenang dan Tidak Sebar Hoaks Erupsi Tangkuban Parahu
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau masyarakat waspada dan tidak panik pascaerupsi Gunung Tangkuban Perahu. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau masyarakat waspada dan tidak panik pascaerupsi Gunung Tangkuban Perahu. Dia pun mengaku telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Imbauan tersebut disampaikan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil langsung dari Stockholm, Swedia melalui keterangan tertulisnya, Jumat (26/7/2019) malam.

"Saya mendapati kabar tentang situasi Tangkuban Parahu, erupsi lokal tapi asapnya mulai terasa ke Lembang. Saya sudah koordinasi BNPD minta untuk berkoordinasi dengan level desa, lurah, kecamatan. Safety harus diutamakan," katanya.

Emil juga meminta wisatawan dan masyarakat tidak mendekati Gunung Tangkuban Parahu. Selain itu, dia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya.

"Harap bersabar dulu dan saya minta untuk tidak panik," katanya.

"Mohon untuk tidak gampang share informasi yang hoaks, cari sumber berita resmi. Pastikan berita itu benar. Kita berdoa semoga erupsinya tidak membesar dan membahayakan," sambung Emil.

Imbauan serupa diungkapkan oleh Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan yang juga turut bersama Emil dalam kunjungan kerja di Swedia tersebut. Dia pun meminta masyarakat sekitar Lembang, Kabupaten Bandung Barat, meningkatkan kewaspadaannya.

"Meski begitu jangan panik, ikuti perintah petugas setempat apabila sewaktu-waktu harus evakuasi," katanya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6873 seconds (0.1#10.140)