Demonstrasi JALA di KPK Tak Terkait dengan Jenggala Center

Jum'at, 26 Juli 2019 - 23:28 WIB
Demonstrasi JALA di KPK Tak Terkait dengan Jenggala Center
Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Jenggala Center menyampaikan klarifikasi terkait adanya aksi demonstrasi sebuah organisasi yang mengatasnamakan Jaringan Aktivis Jenggala (JALA) di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Jenggala Center, Ibnu Munzir menyatakan, kegiatan organisasi JALA di KPK tidak lagi terkait dengan Jenggala Center karena Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah selesai. Menurut dia, JALA hanya sebuah organisasi sementara yang sempat bergabung dengan Tim Nasiobal Jenggala Center dalam kegiatan kampanye pilpres.

Sebelumnya, massa JALA pada Kamis (25/7/2019) menggelar aksi demonstrasi di KPK. Mereka mendesak KPK memeriksa Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dalam dugaan kasus korupsi KTP elektronik dan pembuatan website "Revoluasi Mental". Kegiatan aksi demonstrasi ini kemudian diberitakan media massa. Ibnu Munzir menyesalkan munculnya informasi tersebut.

"Bahwa saudara dan organisasi yang saudara pimpin, yakni JALA merupakan organisasi yang hanya terkait kegiatan sebuah satuan kerja sementara bernama Tim Nasional JC yang dibentuk Jenggala Center, hanya pada masa kampanye Pemilu Presiden 2019 lalu. JALA hanya merupakan satu dari sekian banyak organisasi atau jaringan yang menyatakan dukungannya pada kinerja tim nasional Jenggala Center semasa kampanye," papar Ibnu melalui keterangan persnya, Jumat (26/7/2019).

Menurut Ibnu Munzir, surat klarifikasi Jenggala Center ini ditujukan kepada Ketua JALA bernama Ismail Marasabessy. Ibnu juga mengatakan, setelah tim nasional JC dibubarkan, Jenggala Center saat ini sudah kembali pada kegiatan biasa, di antaranya kegiatan riset, penelitian, dan diskusi.

"Bahwa JALA tidak memiliki keterkaitan struktural dan afiliasi apapun dengan Jenggala Center. Sehingga, kegiatan yang saudara dan JALA lakukan tidak terkait sama sekali dengan kegiatan Jenggala Center," tandasnya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1580 seconds (0.1#10.140)