Tangkuban Parahu Erupsi, BPBD Subang Minta Warga Tidak Panik

Jum'at, 26 Juli 2019 - 19:56 WIB
Tangkuban Parahu Erupsi, BPBD Subang Minta Warga Tidak Panik
Pengunjung meninggalkan kawasan Gunung Tangkuban Parahu saat gunung api itu erupsi. Foto/Istimewa
A A A
SUBANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang meminta warga tidak panik munyusul akrivitas Gunung Tangkuban Parahu yang mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019) sore tadi. Pihaknya memastikan kondisi gunung api yang berada di perbatasan Kabupaten Subang dan Bandung Barat itu aman.

Sepeti diketahui, erupsi gunung tersebut terjadi pukul 15.48 WIB sore. Kolom abu dengan ketinggian sekitar 200 meter terlihat membumbung dari puncaknya. Bahkan, kejadian itu sempat direkam kamera handphone para pengunjung. Dalam rekaman vedeo yang langsung menyebar di media sosial itu tampak jelas hujan abu terjadi di sekitar gunung itu dan membuat pengunjung panik.

"Ya, Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi kurang lebih 5 menit 30 detik. Sementara ini, kondisinya relatif aman, tidak perlu panik, tapi tetap harus waspada," kata Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Subang Darmono Indra.

Pascakejadian itu, hingga menjelang malam tidak ada warga yang dievakuasi, termasuk warga yang lokasinya berdekatan dengan gunung. Kondisi saat ini, Gunung Tangkuban Parahu berada pada status level I atau normal. Erupsi Gunung Tangkuban Parahu dapat digolongkan sebagai erupsi kecil.

"Leleran lava diperkirakan kemungkinannya terjadi, tapi tidak besar,"pungkasnya.

Dari pantauan, hingga menjelang malam, petugas dari TNI/Polri, termasuk petugas BPBD dan BMKG sudah berada di lokasi.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7282 seconds (0.1#10.140)