Begini Cara Mencuci Sayuran dan Buah dengan Benar

Kamis, 25 Juli 2019 - 11:26 WIB
Begini Cara Mencuci Sayuran dan Buah dengan Benar
Mencuci sayuran dan buah-buahan dengan benar sebelum dikonsumsi sangatlah penting. Proses ini dilakukan untuk menghilangkan bahan kimia, bakteri, dan debu. Istimewa/NDTV Food
A A A
JAKARTA - Anda sering jatuh sakit? Jika iya, mungkin kondisi tersebut disebabkan karena sayuran dan buah-buahan yang kotor yang dikonsumsi setiap kali makan. Buah dan sayuran sarat dengan bahan kimia yang bisa berbahaya dan mempengaruhi kesehatan tubuh.

Sangat penting untuk mencuci sayuran dan buah-buahan dengan benar untuk menghilangkan bakteri dan debu yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memastikan bahwa buah-buahan dan sayuran dibersihkan dengan benar sehingga aman dikonsumsi seperti dilansir dari Times of India.

1. Langkah awal yang harus dilakukan semua orang sebelum mulai mencuci sayuran dan buah-buahan adalah mencuci tangan. Jika tangan Anda kotor maka Anda juga akan membuat buah atau sayuran kotor. Gunakan sabun detergen untuk mencuci tangan dengan benar.

2. Mulailah dengan mencuci sayuran serta buah-buahan di bawah air mengalir dan bersihkan dengan tangan Anda atau dengan handuk microfiber. Pastikan Anda melakukan langkah ini hanya pada buah dan sayuran yang keras dan memiliki bagian luar yang tebal.

3. Bersihkan sayuran berdaun dengan cara ambil semangkuk air dan celupkan sayuran di dalamnya. Setelah beberapa menit, bersihkan kotoran dengan tangan Anda. Saring airnya dan cuci sekali lagi untuk memastikan tidak ada lagi kotoran yang tersisa. Ulangi proses ini dua kali. Setelah selesai, keluarkan sayuran dan masukkan ke dalam saringan besar untuk menghilangkan kelebihan air dan keringkan.

4. Jamur tidak dapat dibersihkan seperti membersihkan sayuran lainnya. Cara terbaik membersihkan jamur sebelum mengonsumsinya adalah dengan menyeka menggunakan kain lembap karena mencuci langsung dengan air membuat jamur lebih sulit untuk dibersihkan dan mungkin juga merusak bentuk serta teksturnya. Jangan lupa untuk mengeringkan dengan handuk dapur atau jamur akan menjadi basah.

5. Bintik hitam atau busuk pada sayuran dan buah tentunya tidak baik untuk dikonsumsi. Karena itu, Anda dapat menyingkirkannya dengan memotong area tersebut sebelum mengonsumsinya.

6. Ada banyak jenis sayuran yang memiliki kulit keras dan sulit untuk menghilangkan mikroba yang terdapat pada kulit. Untuk mengatasinya, gunakan sikat sayur dengan lembut pada kulit sehingga Anda tidak menyebabkan kerusakan pada sayuran.

7. Beberapa sayuran tidak dapat direbus untuk menghilangkan pestisida. Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan sayuran dengan cara blansing. Rebus air dalam wajan dan matikan apinya. Rendam sayuran ke dalam air mendidih dan diamkan selama 5-8 menit. Dalam mangkuk lain ambil beberapa es batu dan begitu Anda telah merebus sayuran, masukkan ke dalam panci lain. Proses ini membantu mempertahankan warna sayuran dan menghentikan proses memasak.

8. Jika Anda berpikir bahwa mencuci buah dan sayuran dengan sabun tidak akan membahayakan, maka Anda salah. Sabun dapat dengan mudah menemukan jalan melalui kulit dan di dalam daging yang akan membuat buah dan sayuran tidak layak untuk dikonsumsi. Anda bisa menggunakan cuka sebagai gantinya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3859 seconds (0.1#10.140)