Waduk Jatigede Tak Menyelamatkan Petani Majalengka dari Kekeringan

Rabu, 24 Juli 2019 - 19:11 WIB
Waduk Jatigede Tak Menyelamatkan Petani Majalengka dari Kekeringan
Sawah petani mengalami kekeringan. Foto/Istimewa
A A A
MAJALENGKA - Musim kemarau sejak dua bulan lalu membuat sejumlah petani di Kabupaten Majalengka gagal panen. Pasalnya, tanaman padi milik petani, terutama di wilayah utara, mengering.

Keberadaan Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, yang alirannya masuk ke Bendung Rentang, Jatitujuh tidak membuat lahan pertanian masyarakat yang mengalami kekeringan, tertolong.

Sama halnya dengan Bendung Rentang, kehadiran Waduk Jatigede itu pun lebih banyak menyuplai kebutuhan air pertanian untuk masyarakat di Kabupaten Indramayu dan Cirebon.

Sedangkan bagi Kabupaten Majalengka, khususnya Kecamatan Kertajati dan Jatitujuh hanya sebatas terlewati. "Masyarakat tidak bisa mengambil air dari aliran itu, karena tidak ada irigasi," kata Sekretaris Dinas Perumahan Permukiman dan Sumber Daya Air (PPSDA) Kabupaten Majalengka Mahmud kepada SINDOnews di ruang kerjanya, Jalan KH Abdul Halim Nomor 69, Majalengka.

PPSDA Majalengka, ujar Mahmud, meskipun salah satu tupoksinya menangani irigasi, tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, kewenangan penanganan sungai di wilayah utara, berada di level pemerintah provinsi dan pusat.

"PPSDA kewenangannya 22.518 hektare, 396 irigasi di wilayah Majalengka selatan. Kalau kewenangan kami, itu masih aman. Adapun utara, itu kewenanganna pusat dan provinsi," ujar dia.

Terkait solusi agar kesulitan air yang dialami petani selama musim kemarau berlangsung, tutur Mahmud, satu-satunya cara adalah membuat irigasi. Namun untuk wilayah utara harus ada persetujuan dari pemerintah pusat dan provinsi.

"Satu-satunya cara ya berkoordinasi dengan berwenang itu (pemprov dan pemerintah pusat). Sudah kami lakukan. Responsnya cukup bagus dari BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai). Sudah jadi perhatian pemerintah pusat, tinggal aplikasi di lapangan," tutur Mahmud.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.2669 seconds (0.1#10.140)