Pengelola Gunung Tangkubanparahu Sebut Kondisi Kawah Ratu Normal

Selasa, 23 Juli 2019 - 14:46 WIB
Pengelola Gunung Tangkubanparahu Sebut Kondisi Kawah Ratu Normal
Direktur Utama PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) Putra Kaban. PT GRPP adalah pengelola TWA Gunung Tangkubanparahu. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Kondisi Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkubanparahu di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), masih aman dan dalam kondisi normal. Hal tersebut dipastikan oleh pihak pengelola TWA Gunung Tangkubanparahu, PT Graha Rani Putra Persada (GRPP), sekaligus menepis kabar yang beredar terkait kondisi gunung yang menjadi ikon wisata di Jawa Barat ini.

"Cuaca cerah, kondisi sangat-sangat aman dan normal. Makanya kunjungan wisatawan juga tetap normal, tidak ada kendala," kata Direktur Utama PT GRPP Putra Kaban, Selasa (23/7/2019).

Menurutnya, wisatawan yang berkunjung tidak merasa khawatir atau terganggu dengan munculnya pemberitaan tersebut. Pihaknya pun memberikan pemahaman dan informasi kepada wisatawan seperti di pintu masuk atau di sekitar objek lokasi kawah. Tujuannya agar mereka merasa tenang dan nyaman serta tidak keliru dalam menyikapi informasi yang beredar.

Selaku pengelola, kata dia, PT GRPP selalu berusaha membuat wisatawan nyaman dan aman ketika berada di Gunung Tangkubanparahu. Setiap hari petugasnya selalu berkoordinasi dengan Seksi Vulkanologi yang posnya ada di kawasan Gunung Tangkubanparahu. Sejauh ini kondisi Kawah Ratu dan Kawah Upas stabil dan normal seperti biasanya, tidak ada peningkatan aktivitas seperti yang dikhawatirkan.

"Di kami (PT GRPP) ada petugas yang setiap harinya berkoordinasi dengan petugas Seksi Vulkanologi, yang kebetulan posnya ada di sini. Tujuannya untuk memantau kondisi kekinian dan keadaan masih normal seperti sebelumnya," kata dia.

Terkait dengan larangan untuk mendekati Kawah Ratu, dia menyebutkan, selaku pengelola telah membuat larangan mendekati kawah sejak lama. Itu menjadi aturan yang harus dipatuhi wisatawan, agar tidak terlalu jauh turun mendekati Kawah Ratu. Selama di bawah pengelolaannya, tidak pernah ada pendaki atau orang berkemah di Gunung Tangkubanparahu. Ini dikarenakan sore hari pihaknya sudah menutup kunjungan wisatawan.

"Larangan mendekati atau turun ke kawah sudah kami pasang sejak dulu. Dan tidak pernah ada yang berkemah di sini, karena SOP kami, sore hari pintu tiket sudah tutup, sehingga daerah atas (kawah) steril," pungkasnya. (Baca Juga: PVMBG Imbau Wisatawan Gunung Tangkubanparahu Waspada(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9872 seconds (0.1#10.140)