Honda Optimistis Target Tahun Ini Tercapai

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:01 WIB
Honda Optimistis Target Tahun Ini Tercapai
HBC mulai memasarkan All New Honda Accord dan New Honda HRV untuk wilayah Jawa Barat. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Honda Bandung Center (HBC), main dealer Honda mobil Jawa Barat, optimistis penjualan semua produk Honda di Jawa Barat pada tahun ini tetap mencapai target. Penjualan diharapkan terdongkrak pada semester II, setelah penjualan semua unit kendaraan pada semester I turun.

Direktur HBC Iwan Tjandradinata mengakui, penjualan mobil untuk semua merek pada Semester I 2019 turun. Hal itu dipengaruhi tahun politik serta kondisi ekonomi yang belum stabil. Saat itu, tidak sedikit konsumen yang memilih menunggu hasil pemilu serentak.

"Memang di semester I penjualan alami penurunan. Tapi kami masih bersyukur penurunan kami tidak terlalu besar. Market share kami masih tinggi di angka 19% untuk wilayah Jawa Barat dan Banten," jelas dia.

Momen Lebaran yang diharapkan mendongkrak penjualan mobil di Jabar juga tidak berdampak signifikan. Tercatat total penjualan mobil pada Mei mencapai 10.000 unit. Dia berharap, selesainya tahun politik dan jelang pergantian tahun memberi harapan baru bagi konsumen untuk belajar mobil.

Junior Marketing Manager HBC Kevin Hartono mengatakan, hingga kini market share Honda masih di angka 19,8%. Angka tersebut naik dari periode sebelumnya 2018. Peningkatan market share menunjukkan konsumen masih menaruh minat besar terhadap produk Honda.

"Penjualan kami masih didominasi kendaraan LCGC (Low Cost Green Car) seperti Brio Satya. Kemudian segmen city car. Penjualan Honda Mobilio juga masih cukup bagus," ujarnya.

Memulai Semester II/2019, Honda memperkenalkan New Honda HRV SE Mugen Edition dan All News Honda Accord. Kedua kendaraan ini, kata dia, juga dipamerkan pada event GIIAS di Jakarta. Di Bandung, pihaknya juga menggelar exclusive exhibition di Trans Studio Mall.

"Segmen sedan memang turun, tapi market share kami masih di atas 50%. Kami optimistis All New Honda Accord akan mendorong pendapatan penjualan kami. Targetnya terjual 20 unit sampai akhir tahun," jelas Kevin.

Honda Accord yang dijual Rp728 juta (OTR Bandung) dinilai masih memiliki pangsa pasar sendiri seperti untuk kalangan eksekutif dan kantoran. Nantinya, strategi penjualan lebih menyasar ke kantor, pemerintahan, dan lainnya. Sejauh ini, paling banyak pemakai Accord adalah perusahaan swasta.

Sementara untuk Honda HRV, Staf HBC Resha mengatakan kendaraan ini memberikan pilihan kepada konsumen untuk berkendara. Honda HRV dibuat lebih sporty. "Target HRV adalah mereka yang ingin tampil beda. Apalagi bagi mereka yang ingin kecepatan bagus, menggunakan versi Mugen," kata dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4296 seconds (0.1#10.140)