Sang Ayah Mengenang Pertemuan Terakhir dengan Amel

Selasa, 23 Juli 2019 - 11:42 WIB
Sang Ayah Mengenang Pertemuan Terakhir dengan Amel
Enang Supandi menceritakan pertemuan terakhir dengan putrinya Amelia Ulfah Supandi (22), yang ditemukan tewas di Sukabumi. Saat ini jenazah Amelia sudah di rumah duka di Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Selasa (23/7/2019). Foto/iNews/Mochamad Andi Ic
A A A
CIANJUR - Pihak keluarga tak pernah menyangka alumni Institut Pertanian Bogor (IPB), Amelia Ulfah Supandi (22), diduga jadi korban pembunuhan di Kota Sukabumi, Jawa Barat (Jabar). Ayah korban, Enang Supandi pun mengenang pertemuan terakhir bersama putrinya yang akrab disapa Amel atau Meli itu, Sabtu (20/7/2019).

Sabtu sore, lulusan D3 IPB itu pamit berangkat ke Bogor untuk melengkapi dokumen persyaratan pendaftaran kuliahnya di salah satu fakultas di IPB. Korban baru pulang bekerja.

"Komunikasi terakhir, waktu dari rumah, anak saya izin mau ke Bogor, mau menyelesaikan persyaratan pendaftaran. Kalau enggak salah yang terakhir untuk menyelesaikan konversi nilai, ada diplomanya, ada transkrip nilai. Dia titipin sama temannya. Dia rencananya mau ngambil itu, sambil ketemuan sama teman-temannya," cerita Enang Supandi.

Dia mengatakan, setelah menyelesaikan urusannya, putrinya diketahui bersama dua sahabat lamanya ketika kuliah di D3 IPB. Amel berencana pulang ke Cianjur Minggu (21/7/2019) sore karena dia harus bekerja Senin keesokan harinya. Minggu sore, ibu korban bahkan sempat berkomunikasi dengan Amel mengingatkan agar dia tidak pulang kemalaman. Saat itu, Amel mengiyakan.

"Teman-temannya sempat mengingatkan juga, kalau sudah malam, enggak ada angkutan lagi ke Cianjur, mending nginap aja lagi. Tapi, dia bilang tetap akan pulang karena Seninnya kerja. Jadi waktu mau pulang itu dianterin oleh temannya yang dua tadi. Dulu bareng kuliahnya, sahabatnya sejak lama," beber Supandi.

Setelah berpisah dengan temannya, Amel belum juga sampai ke rumahnya di Cianjur. Dia juga tidak bisa dihubungi lagi lewat ponselnya. Supandi dan istrinya tidak bisa tidur sejak malam karena cemas Amel tidak kunjung memberikan kabar. "Kami menunggu dari malam, enggak ada berita. Kami tidak bisa tidur," katanya.

Karena khawatir, keluarga lalu mencoba melacak lokasi terakhir ponsel Amel dari emailnya. "Omnya buka laptop yang biasa dipakai Amel, dibuka, di Gmailnya, dilihat, pas dibuka lokasi terakhirnya di Sukabumi, di dekat rumah makan padang. Setahu saya tidak ada yang dia kenal di sana, enggak ada temannya di sana," katanya.

Senin (22/7/2019) pagi, keluarga mendapat informasi ada penemuan mayat di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Sukabumi, tepatnya di pinggir sawah. Keluarga curiga karena tempatnya berada di lokasi terakhir Amel saat dilacak.

Untuk memastikan, keluarga ke Sukabumi. Keluarga pun shock karena ternyata benar itu jasad Amel. "Saya enggak nyangka. Kan dia sudah biasa pulang seperti itu malam, tiga tahun di Bogor seperti itu. Paling kalau kemalaman dia minta dijemput," katanya.

Supandi mengatakan, di mata keluarga, Amel merupakan anak yang baik, saleh, taat, dan terbuka terhadap orang tuanya. Setiap bepergian, dia juga selalu memberi kabar sehingga keluarga tidak cemas.

"Dia itu tidak pernah menyakiti orang tua, tidak pernah melawan sama orang tua. Mudah-mudahan segala amal ibadah anak kami diterima oleh Allah." (Baca Juga: Lulusan IPB Amelia Ulfa Ditemukan Tewas di Sukabumi, Begini Kronologinya(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7026 seconds (0.1#10.140)