alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Arus Air Sungai Cimanuk Deras, Petugas Kesulitan Evakuasi Pesawat

Toiskandar
Arus Air Sungai Cimanuk Deras, Petugas Kesulitan Evakuasi Pesawat
Tim SAR gabungan menghentikan upaya pencarian korban pesawat jatuh karena kondisi di lokasi kejadian sangat gelap. Foto/INewsTV/Toiskandar

INDRAMAYU - Tim search and rescue (SAR) gabungan dari Polres Indramayu, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indramayu, dan Kantor SAR Bandung kesulitan untuk mengevakuasi pesawat latih yang jatuh di Sungai Cimanuk, Blok Kijang Satu, Desa Lamaran Tarum, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, Senin (22/7/2019).

Penyebabnya, arus air di dasar Sungai Cimanuk cukup deras. Meski begitu, petugas gabungan masih terus melakukan proses evakuasi terhadap bangkai pesawat tersebut.

Bangkai pesawat latih jenis Cessna 172 milik Angkasa Aviation Academy (AAA) Pilot School Cirebon itu ditemukan dua jam setelah jatuh.



Pencarian di titik jatuhnya bangkai pesawat membuahkan hasil setelah petugas gabungan melakukan penyelaman selama sekitar dua jam. Petugas berupaya melakukan proses evakuasi dengan melakukan penyelaman ke dasar sungai.

Petugas dari Direktorat Polairud Polda Jabar menemukan bangkai pesawat naas itu setelah melakukan penyelaman.Pesawat latih tersebut berada di dasar sungai berkedalaman sekitar 5 meter itu. Titik penemuan itu sudah ditandai.

Direktur Polairud Polda Jabar Kombes Pol Handoko mengatakan, operasi pencarian dihentikan malam ini karena keterbatasan alat penerangan. Operasi dilanjutkan pada Selasa 23 Juli 2019 pagi.

"Situasi saat ini sangat tidak memungkinkan untuk dilakukan pencarian dan penyelaman. Di dasar sungai sanagt gelap dan penerangan minim. Pencarian malam ini dihentikan dan akan dilanjutkan besok pagi," kata Handoko di lokasi kejadian.

Sementara itu, Shole, warga setempat mengatakan, sebelum terjatuh pesawat yang diawaki oleh dua orang ini sempat berputar putar. Saat terbang rendah, pesawat menabrak tiang listrik di sekitar lokasi kejadian. "Kemudian mesin pesawat mati dan pesawat jatuh di tengah tengah sungai," kata Shole.

(BACA JUGA: Pesawat Latih Jatuh di Sungai Cimanuk Indramayu, 1 Orang Hilang)



(awd)