alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pesawat Latih Jatuh di Sungai Cimanuk Indramayu, 1 Orang Hilang

Agus Warsudi
Pesawat Latih Jatuh di Sungai Cimanuk Indramayu, 1 Orang Hilang
Petugas Polres Indramayu menyisir Sungai Cimanuk untuk mencari satu korban jatuhnya pesawat latih. Foto/Istimewa

INDRAMAYU - Sebuah pesawat latih jenis Cessna jatuh di Sungai Cimanuk, Blok Kijang Satu, Desa Lamaran Tarung, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, Senin (22/7/2019) sekitar pukul 14.50 WIB.

Akibat peristiwa itu, satu orang Muhammad Salman Alfarisi (25), alamat Pasuruan, dinyatakan hilang. Sedangkan satu korban lagi, Artur Arfa ditemukan selamat, namun mengalami luka-luka dan syok.

Saat ini Artur dirawat di RSUD Indramayu. Kedua korban merupakan siswa AAA Pilot School Cirebon yang merupakan anak perusahaan Lion Air.



Kapolres Indramayu AKBP M Yoris MY Marzuki mengatakan, berdasarkan keterangan saksi Carnih, kronologi peristiwa jatuhnya pesawat itu diketahui ketika saksi sedang berada di sawah mendengar suara keras.

Saksi Carnih melihat pesawat oleng lalu menabrak kabel listrik dan terjatuh di Sungai Ranbatan Cimanuk. Kemudian saksi Wardani Milat ketika pesawat terjatuh ke sungai, melihat dua orang korban keluar dari dalam pesawat kemudian menolong korban.

"Saksi Wardani berhasil menyelamatkan satu orang korban Artur. Sedangkan satu korban lainnya Salman yang sempat keluar dari pesawat, terbawa arus Sungai Cimanuk," kata Yoris.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan Danpos Penggung Cirebon Kapten Edhy Purnomo, uiar Kapolres, membenarkan bahwa pesawat latih Cessna sedang melaksanakan latihan yang diawaki oleh dua siswa AAA Pilot School Cirebon.

"Upaya yang dilakukan Polres Indramayu, dipimpin oleh Wakapolres Indramayu Kompol Fajar Widyadharma bersama warga melalukan pencarian terhadap korban Salman dengan mengerahkan personel gabungan Satpolair, Satsabhara, Satreskrim, dan personei polsek," ujar Kapolres.

Selain itu, tutur Yoris, Polres Indramayu juga berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Indramayu dan meminta Backup tim SAR dari Pol Airud Polda Jabar. "Saat ini pencarian terhadap korban Salman masih dilakukan," tutur Yoris.



(awd)