Perkuat Kerja Sama, Ridwan Kamil Terbang ke Inggris dan Swedia

Minggu, 21 Juli 2019 - 10:51 WIB
Perkuat Kerja Sama, Ridwan Kamil Terbang ke Inggris dan Swedia
Gubernur Jabar Ridwan Kamil terbang ke Inggris dan Swedia untuk memperkuat kerja sama di berbagai sektor. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terbang ke Inggris dan Swedia untuk kunjungan kerjanya selama enam hari, mulai 21 hingga 26 Juli 2019 mendatang. Dalam kunjungan kerja tersebut, Gubernur akan bertemu dengan sejumlah institusi.

"Saya akan mengadakan pertemuan dengan lebih dari 26 institusi," kata Emil, sapaan akrab Gubernur dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/7/2019).

Dalam satu pertemuan, Emil akan membahas finalisasi investasi pengelolaan sampah plastik menjadi solar dengan nilai investasi Rp3 triliun bersama perusahaan Inggris, Plastic Energy Limited. Emil pun akan berkunjung langsung ke kantor pusat Plastic Energy Limited.

Selain itu, Emil juga akan membicarakan program English for Ulama dengan beberapa institusi di Inggris. Menurutnya, Inggris akan menjadi salah satu negara tujuan duta Jabar lulusan English for Ulama untuk menggemakan jargon Islam Damai ke seluruh dunia.

"Sisanya ada 24 (pertemuan) lagi, mulai dari kebudayaan, studi untuk SMK yang akan dijadikan partner di sana, dan Festival Budaya Jawa Barat di Stockholm (Swedia)," sebut Emil.

"Insya Allah, semuanya (pertemuan) membawa oleh-oleh yang konkret untuk Jawa Barat," lanjutnya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar Dani Ramdan mengungkapkan, secara keseluruhan, kunjungan kerja Gubernur Jabar ke Inggris dan Swedia kali ini membawa tiga misi, yakni ekonomi, lingkungan, serta seni dan budaya.

"Beliau (Emil) akan melihat dan berkunjung langsung ke kantor pusat Plastic Energy Limited di sana, industrinya seperti apa," katanya.

Di Inggris, lanjut Dani, Emil juga diundang Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London untuk menghadiri pembukaan Pusat Budaya Sunda di Universitas Manchester. Maka itu, Emil mengajak Tim Saung Angklung Udjo untuk tampil dalam acara tersebut.

Sementara di Swedia, Emil dijadwalkan menghadiri Festival Indonesia yang digelar oleh KBRI Stockholm. Di festival tersebut, Jabar akan menggelar pameran yang akan menyajikan berbagai hasil kriya khas Tanah Pasundan.

"Di festival ini, Jawa Barat diberikan stan utama untuk mengisi ekonomi kreatifnya dan budaya. Kita juga membawa delegasi kesenian yang cukup besar juga," katanya.

Selain itu, Emil akan menindaklanjuti kerja sama dengan IKEA terkait produk-produk kriya khas Jabar untuk dijajakan di berbagai store IKEA. Emil juga akan bertemu dengan jajaran direksi IKEA langsung di kantor pusatnya.

"Pak Gubernur akan melobi, disamping produk-produk Swedia, IKEA juga bisa berkolaborasi, menyerap produk-produk Jawa Barat tentunya melalui kurasi dan pembinaan dari IKEA," kata Dani.

"Jadi, di kunjungan kali ini ada aspek ekonomi, seni, dan budaya, juga ada lingkungannya sebagai upaya untuk menekan sampah plastik dari Jawa Barat," lanjutnya.

Menurut Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Jabar Eddy IM Nasution, kunjungan kerja tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan kerja sama di berbagai bidang.

"Di Manchester, Gubernur Jawa Barat diberikan kehormatan sebagai pembicara dalam acara Peaceful Dialogue yang dihadiri berbagai kalangan, baik dari Kota Manchester maupun daerah lainnya di Inggris dan sekitarnya," katanya.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Emil didampingi oleh Kepala Dinas Pariswisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik, Direktur Bank Indonesia Regional Jabar Pribadi Santoso, Ketua Umum Kadin Jabar Tatan Pria Sudjana, dan Wali Kota Bogor Bima Arya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3768 seconds (0.1#10.140)