Demi Sertifikat SSI, Personel Polairud Latihan Selam di Pulau Biawak

Kamis, 18 Juli 2019 - 19:13 WIB
Demi Sertifikat SSI, Personel Polairud Latihan Selam di Pulau Biawak
Direktur Polairud Polda Jabar Kombes Pol A Widihandoko menyematkan tanda pelatihan menyelam kepada personel. Foto/Istimewa/Humas Polda Jabar
A A A
CIREBON - Sebanyak 21 personel Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Dit Polairud) Polda Jabar menggelar latihan menyelam di Pulau Biawak, Kabupaten Indramayu, Kamis (18/7/2019).

Latihan menyelam yang dibuka oleh Direktur Polairud Polda Jabar Kombes Pol A Widihandoko tersebut, digelar untuk mendapatkan sertifikat Open Water dan Advanced dari Scuba Schools International (SSI). Upacara pembukaan berlangsung di lapangan apel Mako Dit Polairud Polda Jabar, Kota Cirebon.

Direktur Polairud Polda Jabar Kombes Pol A Widihandoko mengatakan, tugas pokok dan fungsi Polairud adalah memberikan pertolongan, penyelamatan di perairan dan udara, serta penanggulangan bencana alam.

"Dengan pelatihan selam ini dapat menjadi pengetahuan dan pedoman bagi personel demi kelancaran pelaksanaan tugas di bawah air," kata Widihandoko.

Dia berharap, pelatihan menyelam tersebut dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan para personel guna mendukung pelaksanaan tugas.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengemukakan, pelatihan selam untuk meraih sertifikat Open Water dan Advance dari SSI itu dilaksanakan selama lima.

Pada Kamis (18/7/2019), ujar Truno, personel Polairud mendapatkan materi teori menyelam bertempat di Aula Subdit Patroliairud. Kemudian, Jumat (19/7/2019) Senin (22/7/2019), peserta melaksanakan praktik menyelam di kolam renang Bima, Kota Cirebon.

"Pada Rabu (24/7/2019) dan Kamis (25/7/2019) praktik menyelam di laut yang berlokasi di Pulau Biawak, Kabupaten Indramayu," ujar Truno.

Truno menuturkan, 21 peserta pelatihan selam tersebut terbagi dalam dua kelompok. Sebanyak 15 personel Sertfikasi Open Water dan enam personel Setifikasi Advanced.

"Instruktur didatangkan langsung dari Scuba Schools International, yaitu Suyatno, Syerli Fernandes, dan Santosa," tutur Truno.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0032 seconds (0.1#10.140)