Konstruksi Tol Becakayu Trase Bekasi Barat-Bekasi Timur Dimulai Akhir Tahun Ini

Kamis, 18 Juli 2019 - 16:33 WIB
Konstruksi Tol Becakayu Trase Bekasi Barat-Bekasi Timur Dimulai Akhir Tahun Ini
Pembangunan jalan tol. Foto/Dok SINDO
A A A
BEKASI - Pembangunan lanjutan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) bakal kembali dilanjutkan akhir 2019 ini. Pembangunan itu bakal dilakukan sepanjang 3 kilometer hingga Bekasi Timur. Sebab, trase atau trayek ruas Tol Becakayu lintas Bekasi Barat-Bekasi Timur telah disetujui pemerintah pusat.

Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi Erwin Gwinda mengatakan, pembangunan Tol Becakayu ini merupakan lanjutan Seksi 2 A dari Galaxy, Bekasi Barat sampai Jalan Veteran, Bekasi Selatan dan Seksi 2 B yang berlanjut hingga ke Bekasi Timur.

"Akhir tahun mulai dikerjakan konstruksinya untuk Bekasi Barat hingga Bekasi Timur, trasenya sudah disetujui pusat," kata Erwin kepada wartawan, Kamis (17/7/2019).

Menurut dia, konstruksi yang akan dibangun itu mulai dari Galaxy, Bekasi Barat hingga Perumahan Irigasi, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Sementara, untuk gerbang tol akan dibuka di Jalan Veteran, Bekasi Selatan atau bekas lahan milik PT Amarta Karya.

Dalam perencanaanya, ujung Seksi 2 A akan dibuat melintang dari Simpang Bekasi Cyber Park (BCP) dan tidak menggunakan lahan Jalan Hasibuan persis depan Ruko Sun City Square. Sehingga, kata dia, trase Tol Becakayu tersebut akan melintasi Jalan Ahmad Yani dan melewati belakang Ruko Sun City atau Jalan Suplesi Kalimalang karena Seksi 2 A konstruksi ujungnya sudah sampai ujung Jalan KH Noer Ali.

Sedangkan, trase lanjutannya atau awal trase 2 B itu bakal melintang di atas Kali Bekasi di bagian utara Bendungan Bekasi. Setelah itu, trase lanjutannya dari Kali Bekasi bakal berbelok ke kanan di Simpang Jalan Kartini menuju ke Perumahan Irigasi di depan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poncol. "Jalan Kartini di depan makam hanya terdampak beberapa meter. Makanya ada pembebasan lahan di titik itu," ungkapnya.

Kemudian, trase bakal berlanjut ke titik Perumahan Irigasi. Dari makam tadi, konstruksi tol akan menuju sisi selatan Kalimalang sampai ke kawasan Apartemen Grand Dhika City atau sejajar dengan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet).

Erwin menjelaskan, di wilayah itu akan dilakukan pembebasan lahan lagi terutama di Perumahan Irigasi. Apalagi, trase ini telah disetujui Ditjen Binamarga Subdit Bebas Hambatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Jadi trase lanjutan Tol Becakayu tahun depan sudah mencapai Bekasi Timur," katanya.

Sementara, saat ini pembangunan Tol Becakayu sudah memasuki ujung jalan KH Noer Ali (Kalimalang). Alhasil, Jalan Kalimalang arah Jakarta yang berada di Simpang Bekasi Cyber Park (BCP) akan segera ditutup dalam waktu dekat ini. Sebab, pembangunan pier atau tiang akan dilakukan akhir bulan ini.

Rencananya, Dinas Perhubungan Kota Bekasi akan mengalihkan pengendara menuju Jakarta ke jalan alternatif yang sudah disiapkan. "Saat dimulai pengerjaan tiang Tol Becakayu, kita siapkan pengalihan kendaraan ke jalur alternatif," ujar Kabid Teknik Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi Johan Budi Gunawan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7275 seconds (0.1#10.140)