alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lima Hektare Lahan Kosong di Cirebon Dilahap Si Jago Merah

Toiskandar
Lima Hektare Lahan Kosong di Cirebon Dilahap Si Jago Merah
Petugas damkar melakukan upaya pendinginan kebakaran lahan kosong di Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (17/7/2019). Foto/Istimewa

CIREBON - Kebakaran hebat melanda lahan kosong seluas lima hektare di Kelurahan Tukmudal, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (17/7/2019). Diduga, sumber api berasal dari puntung rokok dan pembakaran sampah.

Api dengan cepat melahap lahan yang dipenuhi ilalang yang sudah mengering itu. Kencangnya tiupan angin juga membuat api cepat membesar dan menghanguskan lahan kosong tersebut.

Sementara, sejumlah petugas pemadam kebakaran (damkar) yang datang ke lokasi kejadian tak dapat berbuat banyak lantaran titik api yang sulit dijangkau. Terpaksa, petugas memadamkan api dengan cara manual memanfaatkan batang kayu dan alat seadanya.



Agar api tidak menyebar ke lokasi lain, lebih dari delapan petugas pemadam kebakaran, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan warga sekitar disebar untuk memadamkan titik api yang lokasinya berjauhan.

"Kebakaran ini diduga akibat puntung rokok dan pembakaran sampah," ungkap Komandan Pos Damkar Sumber, Andi Sukandi.

Menurut Andi, setelah berjibaku selama satu jam lebih, petugas akhirnya bisa memadamkan api.

"Petugas kemudian melakukan upaya pendinginan dengan dukungan tiga unit mobil damkar," tandasnya.



(abs)