Pemkot Bandung Keukeuh Kelola Sendiri Stadion GBLA

Rabu, 17 Juli 2019 - 20:32 WIB
Pemkot Bandung Keukeuh Kelola Sendiri Stadion GBLA
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung. Foto/SINDO/Dok
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menegaskan akan berusaha mengelola sendiri Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Pernyataan itu keluar untuk menyikapi tantangan beberapa pihak yang mempertanyakan keseriusan Pemkot mengelola stadion berstandar internasional di kawasan Gedebage itu.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pihaknya akan mengupayakan mengelola GBLA sendiri terlebih dahulu. Apalagi, Pemkot Bandung telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur pengelolaan Stadion GBLA.

"Nanti kami lihat dulu lah. Kalau Pak Gubernur bilang gitu (mau kelola), ya saya diskusi dulu. Tapi kami akan upayakan (kelola GBLA) sendiri dulu. Karena ada perda, kan ada aturannya," kata Oded saat memantau kondisi Stadion GBLA bersama Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Rabu (17/7/2019).

Terkait siapa yang nanti bertanggung jawab atas pengelolaan GBLA, Oded mengaku akan mengkaji terlebih dahulu. Apakah nanti sistemnya akan dilelang, atau skema lainnya.

Sementara itu, kunjungan Oded ke Stadion GBLA menyikapi banyaknya informasi yang menyebut GBLA terbengkalai. Setelah mengecek kondisi di lokasi, dia mengaku untuk bagian luar banyak rumput dan cenderung terbengkalai. Namun untuk fasilitas di dalam stadion, cenderung terawat.

"Kalau di dalam terpelihara. Kalau di luar memang seperti itu, rumput dan lainnya. Saya sudah minta ke temen-temen, untuk bersama-sama membersihkan lingkungan GBLA," ujar Wali Kota.

Dia menuturkan, kondisi GBLA seperti saat ini tak lepas dari status stadion tersebut yang belum seluruhnya diserahterimakan dari PT Adhi Karya ke Pemkot Bandung.

Dari tiga termin, masih ada satu termin yang belum diserahkan. Kondisi itu menyebabkan Pemkot Bandung belum bisa mengelola stadion kebanggaan warga Kota Bandung tersebut secara maksimal. (BACA JUGA: GBLA Terbengkalai, Ridwan Kamil: Kalau Nggak Sanggup, Kasih Aja ke Pemprov )
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2840 seconds (0.1#10.140)