Menoleh ke CCTV, Wajah Pencuri Jaket di Lembang Terekam Jelas

Selasa, 16 Juli 2019 - 21:02 WIB
Menoleh ke CCTV, Wajah Pencuri Jaket di Lembang Terekam Jelas
Potongan rekaman CCTV yang memperlihatkan pelaku sedang mencuri jaket di toko pakaian di Lembang, KBB, Senin (15/7/2019). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Seorang pria terekam CCTV ketika mencuri jaket di toko pakaian yang berada di kawasan pusat perbelanjaan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (15/7/2019) siang. Dari pantauan CCTV, lelaki berperawakan besar itu mengenakan baju seperti jaket, topi hitam, dan sempat menoleh ke CCTV.

Aksi pencurian di dalam toko itu terekam selama satu menit. Terlihat pelaku menyelipkan dua jaket bermerek seharga ratusan ribu rupiah ke lengan jaketnya. Sebenarnya, pelaku datang berdua, namun yang tertangkap jelas kamera satu orang. Sementara seorang pelaku lainnya berusaha mengalihkan perhatian penjaga toko.

"Waktu itu ada tiga penjaga toko dan saya juga lagi ada. Cuma gak engeh aja karena yang satunya nanya-nanya item barang dan pelaku lainnya menyembunyikan jaket curian," terang pemilik toko Statship Store, Hendrik (33) saat ditemui di tokonya, Selasa (16/7/2019).

Dia menyebutkan, perawakan kedua pelaku bertubuh besar, tidak terlalu tinggi, dan kulitnya sedikit gelap. Berdasarkan penuturan penjaga toko, kata Hendrik, wajah pelaku terlihat asing dan kemungkinan bukan warga asli Lembang. Awalnya pun dirinya tidak sadar bahwa salah satu dari pria tersebut melakukan pencurian jaket. Hal itu baru diketahui ketika dia memutar CCTV untuk melihat aktivitas yang terjadi sebelumnya.

"Pelaku memang sudah niat hendak mencuri, terlihat mereka memarkirkan motornya agak jauh dari toko. Ini adalah aksi pencurian yang ketiga kali dengan modus yang sama, yakni membuat sibuk para penjaga dengan nanya-nanya barang," kata dia.

Terpisah, Panitreskrim Polsek Lembang, Ipda Yuhadi mengatakan, pihaknya belum menerima laporan langsung terkait aksi pencurian yang sempat viral di medsos tersebut. Kendati begitu, anggotanya akan melakukan pengecekan ke TKP dan meminta keterangan dari pemilik serta penjaga toko. Dia pun mengimbau agar pemilik usaha di Lembang berhati-hati dan jangan segan melaporkan jika terjadi tindak kejahatan di tempat usahanya.

"Ini jadi pelajaran agar pemilik toko selalu waspada dan memperhatikan gerak-gerik pengunjung. Jika ada kejadian segera laporkan untuk ditindaklanjuti agar pelakunya tertangkap dan tidak meresahkan," pintanya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4940 seconds (0.1#10.140)