alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Berkelakuan Baik di Gunung Sindur, Setnov Dikembalikan ke Lapas Sukamiskin

Agus Warsudi
Berkelakuan Baik di Gunung Sindur, Setnov Dikembalikan ke Lapas Sukamiskin
Lapas Sukamiskin. Foto/Dok SINDO

BANDUNG - Terpidana kasus korupsi KTP elektronik (KTP-el) Setya Novanto (Setnov) dikembalikan ke Lapas Sukamiskin setelah dipindah ke Rutan Gunung Sindur karena kedapatan pelesiran ke toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Iya betul, sudah kembali ke Lapas Sukamiskin pada Minggu (14/7)," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris via ponselnya, Selasa (16/7/2019).

Dia mengemukakan, Setnov dikembalikan ke Lapas Sukamiskin karena  sudah melewati tahapan psikologis hingga pemantauan perubahan perilaku. "Sudah ada perubahan perilaku jadi lebih baik. Kemarin di-assessment psikologi, hasilnya medium," ujarnya.
 
Selain itu, faktor lain yang membuat Setnov dikembalikan ke Lapas Sukamiskin juga berkaitan dengan kepentingan perawatan kesehatannya. Setnov divonis menderita komplikasi penyakit. "Kan dia sakit. Agar pengobatan lebih representatif, maka Setnov dikembalikan ke Lapas Sukamiskin dibandingkan di Rutan Gunung Sindur," kata Aris.



Lagi pula, tutur dia, Rutan Gunung Sindur diperuntukkan bagi tahanan kasus narkotika dan teroris. "Rutan Gunung Sindur kan untuk napi kasus terkait narkotika dan terorisme, jadi bukan peruntukannya," ujarnya.

Diketahui, Setya Novanto akhirnya dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, 14 Juni 2019. Mantan Ketua DPR RI itu dipindahkan lantaran tepergok pelesiran ke sebuah toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada Jumat (14/6/2019) siang.

Novanto dipindahkan menggunakan mobil ambulans. Sekitar pukul 22.30 WIB, mobil ambulans yang membawa Novanto keluar dari Lapas Sukamiskin. Tidak banyak barang bawaan yang ia bawa, tampak seorang petugas hanya membawa satu tas jinjing dan langsung masuk ke mobil ambulans Lapas Sukamiskin.



(zik)