Suhu Bandung Sangat Dingin, Ini Penjelasan BMKG

Selasa, 16 Juli 2019 - 09:42 WIB
Suhu Bandung Sangat Dingin, Ini Penjelasan BMKG
Alun-alun Kota Bandung. Foto/Dok SINDO
A A A
BANDUNG - Suhu udara di Bandung Raya dalam beberapa hari terakhir tercatat cukup dingin. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, suhu minimum pada hari ini, 16 Juli 2019 bahkan tercatat 13 derajat celsius.

Dari pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung, tercatat selama Juli 2019 ini suhu udara terendah tercatat sebesar 16,4 derajat celsius pada tanggal 12 Juli 2019. Sedangkan di lokasi dengan elevasi yang semakin tinggi seperti di Pos Observasi Geofisika Lembang (1.241 meter) tercatat 13,0 derajat celsius pada tanggal 16 Juli 2019.

Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat Muhamad Iid Mujtahiddin menyatakan, suhu yang dingin dalam beberapa hari terakhir di Bandung Raya maupun secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa. Hal itu wajar menandakan datangnya periode musim kemarau.

Di Jawa Barat, kata dia, periode musim kemarau datang pada Juni. Kemarau datang terlebih dahulu masuk di wilayah sekitar pantura, kemudian bergerak ke arah selatan. "Pada saat musim kemarau angin bertiup yang melewati Jawa Barat, itu angin pasat tenggara atau angin timuran dari arah Benua Australia. Sementara pada bulan Juli, Agustus, September, Australia sedang mengalami puncak musim dingin, sehingga suhunya relatif lebih dingin dibandingkan musim penghujan," beber Iip, Selasa (16/7/2019).

Kondisi saat ini juga dipengaruhi masih adanya kelembapan pada ketinggian permukaan hingga 1,5 km di atas permukaan laut. Sehingga, pada sore hari masih terlihat adanya pembentukan awan. Akan tetapi pada ketinggian 3 km di atas permukaan laut yang relatif kering sehingga potensi awan yang terbentuk untuk terjadi hujan relatif kecil.

"Dampaknya kondisi kelembapan pada malam hingga pagi hari menambah kondisi suhu udara menjadi dingin," ujarnya.

Iip menyebut, puncak musim kemarau terjadi pada bulan Agustus-September, muncul dengan karakteristik suhu udara dingin dan kering. Dengan karakteristik cuaca seperti ini diimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kondisi badan supaya tetap fit.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8667 seconds (0.1#10.140)