Triplogic-SBM ITB Bangun Program Pengembangan UKM dan Startup Digital

Senin, 15 Juli 2019 - 22:22 WIB
Triplogic-SBM ITB Bangun Program Pengembangan UKM dan Startup Digital
CEO Triplogic Oki Earlivan Sampurno (kanan) dan Wakil Dekan Sumberdaya SBM ITB Aurik Gustomo berjabat tangan seusai penandatanganan narkah kerja sama di Aula Timur ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung. Foto-foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Triplogic, startup digital logistik on-demand mengadakan kerja sama dengan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam membangun Program Pengembangan Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Startup Digital.

Kerja sama ini bertujuan untuk menjadikan SBM ITB sebagai kiblat UKM dan startup digital di Indonesia.

Naskah kerja sama Program Pengembangan UKM dan Startup Digital Triplogic dan ITB ditandatangani oleh Wakil Dekan Sumberdaya SBM ITB Aurik Gustomo dan CEO Triplogic Oki Earlivan Sampurno di Aula Timur ITB, Jalan Ganeca 10, Kota Bandung, Senin (15/7/2019).

Triplogic-SBM ITB Bangun Program Pengembangan UKM dan Startup Digital


CEO Triplogic Oki Earlivan mengatakan, kerja sama itu mencakup bidang pelatihan dan pembinaan, akses permodalan, inkubasi bisnis, dan kolaborasi antar-UKM.

"Tantangan UKM dan startup digital saat ini adalah SDM dan kesempatan berkolaborasi. Era industri 4.0 bukan hanya persaingan teknologi, kualitas SDM menjadi faktor kunci dalam kompetisi digital. Selain itu kesempatan berkolaborasi antarwirausaha menjadi faktor yang dapat membuat sebuah usaha tetap berkesinambungan,” kata Oki.

Triplogic, ujar Oki, dalam kerja sama ini akan memfokuskan pada seleksi UKM dan startup digital, bisnis matching, dan akses permodalan untuk meningkatkan kapabilitas usaha.

Oki mengemukakan, kerja sama strategis yang dilakukan Triplogic bersama SBM ITB sejalan dengan visi Triplogic untuk memberikan dampak sosial kepada para UKM dan startup digital.

Program ini terbuka bagi para pelaku UKM, startup digital dan civitas akademika ITB yang ingin melakukan pengembangan usaha.

“Kami akan menjadikan UKM dan startup terpilih sebagai bagian dari Triplogic Ecosystem, sehingga semua akan tumbuh bersama dan saling menguntungkan,” ujar dia.

Wakil Dekan Sumberdaya SBM ITB Aurik meyambut baik kerja sama strategis yang terjalin dengan Triplogic. “Triplogic memiliki visi yang sejalan dengan ITB, yaitu memajukan anak bangsa serta menjadikan ITB sebagai kampus yang mengembangkan inovasi digital dan kewirausahaan,” kata Aurik.

Dia menuturkan Triplogic mampu hadir sebagai perusahaan teknologi yang dapat memberikan dampak sosial dan dapat meningkatkan kesejahterhaan masyarakat.

“Kemitraan strategis dengan Triplogic ini dapat membuka peluang bagi para mahasiswa ITB untuk bertukar pikiran dan pengalaman dalam mempersiapkan mereka sebelum ke jenjang berikutnya,” tutur dia.

Aurik mengungkapkan, SBM ITB akan berperan dalam memberikan fasilitas, sarana dan prasarana serta pelatihan kewirausahaan kepada para UKM dan startup digital terpilih untuk mendapatkan kesempatan pembinaan.

Aurik berharap bahwa dengan pusat pengembangan UKM-startup digital SBM ITB–Triplogic tersebut dapat menumbuhkan para pengusaha baru yang mampu bersaing dalam industri digital dan mencetak entrepreneur kelas dunia.

Sementara itu, SBM ITB saat ini telah melaksanakan kegiatan Idealogy Botcamp 2019 yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Ketua Panitia Idealogy Bootcamp 2019 sekaligus Direktur Kemahasiswaan SBM ITB Sonny Rustiadi PhD mengatakan, workshop tersebut bertujuan menumbuhkan semangat kolaborasi mahasiswa antarfakultas.

Lebih dari 150 orang partisipan, terdiri atas mahasiswa dari berbagai fakultas dan sekolah di ITB, kata Sonny, berinteraksi dalam suatu kegiatan belajar aktif yang juga mengundang sejumlah pembicara seperti CEO Triplogic, CEO Warung Pintar, dan CEO dari E-Fishery.

“Sejumlah alumni dari SBM ITB akan memberikan wawasan kepada mahasiswa bagaimana teknologi dapat berperan penting dalam membangun keunggulan kompetitif sebuah bisnis yang unggul dalam industri,” kata Sonny.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7568 seconds (0.1#10.140)